Jumat 03 Nov 2023 11:27 WIB

200 Pasukan Elite Dikerahkan Hingga Hadiah Rp 773 Juta demi Cari Ayah Diaz

Luis Diaz terus mendapatkan informasi terbaru soal ayahnya dari pihak berwenang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Liverpool Diogo Jota secara khusus mengangkat jersey dari Luis Diaz usai mencetak gol ke gawang Nottingham Forest, Ahad (29/10/2023) malam WIB.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Liverpool Diogo Jota secara khusus mengangkat jersey dari Luis Diaz usai mencetak gol ke gawang Nottingham Forest, Ahad (29/10/2023) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi Kolombia telah mengidentifikasi dua dari empat orang yang menculik orang tua bintang Liverpool, Luis Diaz, ketika pasukan khusus terus melakukan pencarian besar-besaran.

Orang tua pesepak bola internasional Kolombia itu diculik oleh orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor ketika sedang membeli semangka di sebuah pom bensin di kota kelahirannya, Barrancas, La Guajira, pada hari Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga

Ibu Diaz, Cilenis Marulanda, dengan cepat diselamatkan oleh polisi sebagai bagian dari 'Operasi Gembok', namun ayahnya, Luis Manuel Diaz, masih belum ditemukan dan upaya pencarian terus dilakukan untuk mencegahnya diselundupkan melalui perbatasan ke Venezuela.

Operasi pencarian besar-besaran oleh lebih dari 200 petugas polisi elite dan personel militer sedang berlangsung, dengan fokus pada pegunungan Perija dan hutan di perbatasan utara Kolombia, serta wilayah gurun La Guajira, yang merupakan tempat tinggal kelompok penyelundup bersenjata.

Tentara telah memasang penghalang jalan, mengerahkan helikopter, sebuah pesawat dengan radar dan dua peleton bermotor untuk membantu menemukan ayah Diaz. Hadiah sebesar 40.000 poundsterling atau sekira Rp 773 juta juga tersedia untuk informasi yang mengarah pada kembalinya Diaz dengan selamat.

Direktur Kepolisian Nasional, Jenderal William Rene Salamanca, bergabung dengan patroli di pegunungan Perija di tengah kekhawatiran bahwa Luis Manuel mungkin telah dibawa ke perbatasan dengan Venezuela. Namun informasi intelijen terbaru menunjukkan bahwa ayah Diaz masih berada di Kolombia.

Dikutip dari laman Liverpool, Jumat (3/11/2023), Luis Diaz telah dibujuk untuk tidak kembali ke tanah airnya karena khawatir akan keselamatannya, tetapi ia terus mendapatkan informasi terbaru dari pihak berwenang.

Pemain berusia 26 tahun itu menggunakan media sosial pada hari Selasa (31/10/2023) untuk memposting ulang pesan Instagram yang mendesak orang-orang untuk bergabung dengan pawai publik di Kolombia untuk menyoroti penderitaan ayahnya dan memohon kepada para penculik untuk 'membebaskannya sekarang'. Ini merupakan pernyataan publik pertamanya sejak berita mengerikan itu muncul pada akhir pekan lalu.

Diaz dijadwalkan untuk bermain di tim Liverpool yang mengalahkan Nottingham Forest 3-0 di Anfield pada hari Ahad (29/10/2023), namun sang penyerang digantikan oleh Diogo Jota, yang mengangkat kaus untuk mendukung rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement