Sabtu 04 Nov 2023 18:02 WIB

Cabor Baku Hantam Ala Jalanan Asal Garut Ini Didorong Pamornya ke Kancah Internasional

Karya seni bela diri Haji Achmad Dradjat itu kini sudah punya pengurus cabor sendiri.

Bela diri Tarung Derajat. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Bela diri Tarung Derajat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mendorong promosi yang dilakukan PB Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) ke tingkat dunia sehingga memberikan dampak besar bagi bangsa Indonesia.

“KONI Pusat mendukung penuh langkah PB Kodratdalam mempromosikan Tarung Derajat ke tingkat dunia,” kata Sekjen KONI Pusat Lukman Djajadikusuma, Sabtu (4/10/2023). 

Baca Juga

Ia mengatakan, Tarung derajat adalah salah satu olahraga bela diri asli Indonesia yang dirintis oleh Haji Achmad Dradjat. Pria kelahiran Garut 18 Juli 1951 menciptakan Tarung Derajat dengan pengalamannya bertarung di jalanan pada sekitar tahun 1960-an di Bandung. Akhirnya, Bandung menjadi tempat deklarasi bela diri Tarung Derajat tanggal 18 Juli 1972.

“Ini adalah olahraga bela diri asli Indonesia dan perlu kita perkenalkan ke seluruh penjuru dunia, diawali dengan Asia,” katanya.

Ia mengatakan, dengan promosi ini diharapkan pecinta Tarung Derajat akan banyak di setiap negara sehingga membuat keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

“Dengan banyaknya pecinta Tarung Derajat di dunia, pertama Indonesia akan bisa memberikan dukungan pelatih di berbagai negara dan juga di dalam negeri kita bangun pusat pelatihan yang mana akan mendorong Sport Tourism dan Sport Industry,” kata dia.

Kedua, dengan menghadirkan Tarung Derajat pada multievent internasional karena peminatnya banyak di beberapa negara. Pihaknya memulai di SEA Games sebagaimana Pencak Silat sudah mulai, kemudian Asian Games menjadi target berikutnya.

Ia mengatakan perlu melihat dan belajar Taekwondo yang mulai ekshibisi Olimpiade pada 1988 di Seoul dan dipertandingkan pada Olimpiade Sydney 2000. Taekwondo sudah mengawali ini sejak lama, dan perlu tambahan waktu dari ekshibisi hingga dipertandingkan di Olimpiade. Namun saat ini target terdekat SEA Games

“Tarung Derajat dan Pencak Silat juga harus terus diperjuangkan agar bertahap bisa menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade dengan diawali ekshibisi. Mempromosikannya ke seluruh dunia, diawali Asia menjadi langkah awal yang tepat. SEA Games menjadi target terdekat kita,” kata dia

Sebelumnya Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo bertekad mempromosikan Tarung Derajat ke dunia, diawali dengan Asia.

Ketum PB Kodrat bersama Sekjen Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Lukman Djajadikusuma menghadap ke Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi pada Jumat (3/11/2023).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan kerja sama guna mempromosikan Tarung Derajat di kawasan Asia.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement