Ahad 05 Nov 2023 15:36 WIB

De Gea Maju Saat Keane Kritik Keras Soal Status Fernandes Sebagai Kapten MU

De Gea mengetahui benar sosok kepemimpinan Fernandes.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester United Bruno Fernandes, kiri, dan kiper David de Gea saat masih satu tim.
Foto: AP/Dave Thompson
Pemain Manchester United Bruno Fernandes, kiri, dan kiper David de Gea saat masih satu tim.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bruno Fernandes tampil sebagai pahlawan kemenangan Manchester United kala membungkam Fulham, 1-0, pada pekan ke-11 Liga Primer Inggris, Sabtu (4/10/2023) malam WIB. Gol kemenangan United di Stadion Craven Cottage itu dicetak Fernandes pada menit pertama masa injury time babak kedua.

Ini menjadi kemenangan pertama United setelah menelan dua kekalahan beruntun di dua laga sebelumnya. Setelah dibekap Manchester, 0-3, di Derby Manchester, dua pekan lalu, United dipermalukan Newcastle United, 0-3, di putaran keempat Piala Liga Inggris, tengah pekan lalu.

Baca Juga

Selama periode tersebut, para penggawa United terus berada dalam sorotan dan sasaran kritik, tidak terkecuali Fernandes. Gelandang serang asal Portugal itu dinilai tidak layak mengenakan ban kapten Setan Merah. Kritik ini dilontarkan salah satu legenda United, Roy Keane.

Mantan gelandang bertahan sekaligus kapten United itu menilai, Fernandes tidak memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin rekan-rekan setimnya di atas lapangan. Pelatih United, Erik ten Hag, menunjuk Fernandes sebagai kapten United menggantikan Harry Maguire pada awal musim ini.

''Dia mungkin pemain bertalenta, tapi dia selalu mengeluh dan protes terhadap wasit. Jika ingin membuat perubahan di United, satu hal yang pertama saya lakukan adalah mencopot ban kapten dari Fernandes,'' kata Keane kepada Sky Sports, akhir pekan lalu.

Kritik ini agaknya menjadi perhatian mantan rekan setim Fernandes di United, David de Gea. Mantan pilihan utama di bawah mistar gawang United itu mengeluarkan komentar bernada sindiran dalam unggahan Fernandes di akun media sosialnya terkait kemenangan, 1-0, United atas Fulham.

Di kolom komentar unggahan Fernandes tersebut, De Gea menulis, ''Anda bukan kapten tim yang tepat.'' Komentar ini kemudian dilengkapi De Gea dengan emoji wajah dengan mulut yang dikunci. Lewat komentar sinis tersebut, De Gea justru sebaliknya ingin memberikan dukungan kepada Fernandes dalam menjawab kritik terhadap dirinya.

Sejak bergabung bersama United pada pertengahan musim 2019/2020, gelandang serang berusia 29 tahun itu secara perlahan terus menjelma menjadi andalan Setan Merah. Gol ke gawang Fulham tercatat menjadi gol ke-66 Fernandes dalam 199 penampilan bersama United di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement