Rabu 08 Nov 2023 18:40 WIB

Ancelotti Tuntut Soliditas Pertahanan Real Madrid di Laga Vs Braga

Ketajaman lini serang menjadi salah satu kekuatan utama Braga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.
Foto: AP Photo/Luis Vieira
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid dapat memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions apabila berhasil membungkam Braga pada laga keempat penyisihan Grup C, Kamis (9/11/2023) dini hari WIB. Kemenangan, 2-1, di bentrokan terakhir dengan klub asal Portugal itu menjadi modal buat Los Blancos dalam menatap laga di Stadion Santiago Bernabeu.

Kendati begitu, pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menegaskan, Braga tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski menang, 2-1, di pertemuan sebelumnya, Los Blancos dinilai sempat kewalahan menghadapi perlawanan peringkat ketiga Liga Portugal musim lalu tersebut.

Baca Juga

Ketajaman lini serang menjadi salah satu kekuatan utama Braga. Di laga terakhir di pentas Liga Portugal, akhir pekan lalu, Braga sukses memetik kemenangan besar, 6-1, atas Portimonense. Ancelotti pun sadar dengan kekuatan Braga tersebut. Untuk itu, Ancelotti menuntut para penggawa Los Blancos tampil solid di lini belakang di laga kontra Braga.

''Di laga pertama, mereka bisa menyulitkan kami. Anda harus bisa bertahan dengan baik saat menghadapi mereka. Jika Anda lengah, maka mereka bisa berbalik meyerang Anda. Sektor pertahanan menjadi aspek terpenting dalam menghadapi tim-tim seperti ini,'' ujar Ancelotti seperti dikutip AS, Rabu (8/11/2023).

Terlebih, performa lini belakang Los Blancos terbilang kurang menyakinkan. Di lima laga terakhir di semua ajang, Real Madrid hanya mencatatkan clean sheet di dua partai, termasuk saat ditahan imbang Rayo Vallecano, 0-0, akhir pekan lalu. Kegagalan memetik poin penuh di pentas La Liga Spanyol, akhir pekan lalu, juga menimbulkan sorotan tersendiri buat Los Blancos.

Lini serang Los Blancos dinilai mulai mengalami penurunan performa lantaran kerap mengalami kebuntuan. Ancelotti pun memiliki jawaban atas kritik tersebut. Pelatih asal Italia itu tetap percaya dengan kemampuan lini serang Los Blancos, yang digalang Vinicius Junior dan Rodrygo.

''Kami harus bersabar. Pemain depan selalu memiliki periode saat kesulitan untuk memanfaatkan peluang. Namun, mereka hanya membutuhkan satu sentuhan untuk bisa menemukan ritme permainan yang tepat. Anda harus bersabar, periode ini akan segera berakhir,'' kata Ancelotti.

Terlepas dari kondisi tersebut, Madrid menatap laga ini dengan situasi yang terbilang cukup nyaman di klasemen sementara Grup C. Los Blancos memimpin klasemen sementara Grup C dengan koleksi raihan poin sempurna dari tiga pertandingan, sembilan poin. Madrid mengantongi keunggulan tiga poin dari peringkat kedua, yang ditempati Napoli.

Madrid pun memiliki kesempatan untuk segera memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions jika mampu menundukkan Braga. Ancelotti menegaskan ambisi Los Blancos untuk tidak melewatkan kesempatan tersebut, bisa lolos ke babak 16 besar saat masih menyisakan dua laga di fase penyisihan grup.

''Bisa segera memastikan langkah ke babak selanjutnya akan sangat bagus buat kami. Namun, kami masih harus berjuang untuk itu. Kami pernah menghadapi Braga sebelumnya. Mereka tidak akan datang ke tempat ini dengan harapan meraih satu poin. Karena itu, kami harus menampilkan performa terbaik kami,'' kata eks pelatih Napoli tersebut menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement