Jumat 10 Nov 2023 11:17 WIB

Bungkam Liverpool, Pelatih Toulouse Sebut Timnya Rasakan Malam Bersejarah

Toulouse bermain bagus secara kolektif untuk mengalahkan Liverpool 3-2.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Toulouse merayakan gol ke gawang Liverpool di Liga Europa.
Foto: AP Photo/Thibault Camus
Para pemain Toulouse merayakan gol ke gawang Liverpool di Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, TOULOUSE -- Kejutan terjadi pada matchday keempat Grup E Liga Champions musim 2023/24. Toulouse berhasil menaklukkan Liverpool 3-2 di Stadium de Toulouse, Jumat (10/11/2023) dini hari WIB.

Tuan rumah bermain dengan penuh semangat sejak awal. Alhasil wakil Prancis itu mendapat hasil positif atas salah satu unggulan di kompetisi ini. Pelatih Le Tefece, Carles Martinez Novell, tak mampu menyembunyikan kegembiraannya.

Baca Juga

"Sebelum pertandingan, kami berbicara tentang bagaimana ini bisa menjadi malam bersejarah bagi kami, dan tentang bagaimana kami benar-benar perlu merasakannya. Itu memberi Anda sesuatu yang ekstra," kata Novell, dikutip dari uefa.com.

Menurutnya, motivasi tersebut membuat Toulouse tampil apik secara kolektif. Semua bahu membahu bekerja keras dalam setiap perebutan bola. Mereka tidak membiarkan the Reds leluasa membangun permainan.

Penggemar juga memainkan peran penting. Kolaborasi ini menghadirkan tiga poin untuk Les Violets. Novell lagi-lagi angkat jempol akan performa pasukannya.

"Saya harus mengucapkan selamat kepada tim. Dari menit pertama hingga akhir, mereka luar biasa," ujar juru taktik 39 tahun itu.

Ia merasa wajar, jika pasukannya berjuang keras. Lawan yang dihadapi gemar menekan tinggi. Namun, tak hanya fokus bertahan, Thijs Dallinga dan rekan-rekan juga tampil efektif mencari ruang saat menyerang balik.

Novell melihat kekompakan nyata. Fokus anak asuhnya tidak menurun. Nyaris semua bermain cerdas meladeni ketangguhan raksasa Inggris itu.

"Kami memahami, ketika bermain melawan tim-tim seperti ini, anda menderita sampai akhir. Tapi saya pikir kami pantas memenangkan pertandingan ini," ujar mantan pelatih tim junior Barcelona itu.

Selanjutnya, Toulouse akan kembali ke kompetisi Liga Pranci. Les Tefece bertandang ke markas LOSC Lille dalam lanjutan Ligue 1, akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement