Jumat 10 Nov 2023 11:26 WIB

Southgate Mengaku Dibuat Bosan oleh VAR pada Laga Tottenham Vs Chelsea

Terdapat sembilan kali pemeriksaan VAR dalam kemenangan Chelsea 4-1 atas Tottenham.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate,
Foto: AP Photo/Czarek Sokolowsk
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate,

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengaku dibuat bosan oleh VAR saat pertandingan banyak terhenti kala Chelsea menang 4-1 atas Tottenham Hotspur, akhir pekan kemarin. Terdapat sembilan kali pemeriksaan VAR dengan hasil menganulir lima gol, dua kartu merah dan tambahan waktu menjadi 21 menit.

Southgate menyaksikan langsung pertandingan di dalam stadion. Sama seperti penggemar lainnya, Southgate bingung dengan beberapa keputusan VAR di laga tersebut. Southgate turut bersimpati dengan keluhan pelatih Tottenhan yang menyebut sebagian besar waktunya dihabiskan menunggu keputusan wasit karena harus memeriksa VAR.

Baca Juga

"Ya, aku bosan menonton pertandingannya. Aku menonton pertandingan itu dan pertandingan itu terus berhenti. Jadi, lupakan para pemainnya. Bagaimana dengan para penggemarnya?" ujar Southgate dilansir dari Reuters, Jumat (10/11/2023).

Southgate mengatakan pada akhirnya akan memaklumi jika pemeriksaan VAR berkali-kali untuk mencari kebenaran. Namun itu akan mengganggu kenikmatan saat gol itu tercipta.

Dalam laga tersebut sebenarnya bola hanya dimainkan sebanyak 43 persen dari pertandingan sekaligus total terendah di Liga Premier selama dua tahun. Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan VAR, terutama insiden offside membuat fans frustrasi.

“Kita mencari kesempurnaan di dunia yang tidak sempurna, harus selalu ada pengambilan keputusan dan interpretasi,” kata Southgate.

Namun menurut Southgate sejatinya banyak cara yang bisa dilakukan pemain jika ingin mencari keuntungan di area pertahanan lawan tanpa harus VAR. Ia mencontohkan bisa mencari masalah di area penalti atau mencari tendangan bebas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement