Jumat 10 Nov 2023 16:38 WIB

Wishnutama Akui Dapat Masukan dari Jokowi Soal Ide Upacara Pembukaan Piala Dunia U-17 2023

Wishnutama bertekad sajikan seremoni pembukaan yang bisa dibanggakan warga Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (kiri) yang menangani acara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (kiri) yang menangani acara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wishnutama Kusubandio mengaku mendapatkan masukan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) terkait ide kreatif dalam seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Wishnutama, yang pernah menjabat sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, ditunjuk oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menangani acara pembukaan tersebut.

Dalam mengarap acara pembukaan Piala Dunia U-17 2023, Wishnutama mengaku mendapatkan masukan dari berbagai pihak. Tidak hanya dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Persiden Joko Widodo juga ternyata memberikan pemasukan kepada Wishutama terkait ide kreatif acara pembukaan Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo, kata Wishnutama, bahkan sempat meluangkan waktu secara khusus untuk memberikan masukan terhadap seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Saat itu, Presiden Jokowi diketahui tengah melakukan kunjungan ke ibu kota Nusantara (IKN).

''Saya banyak berdiskusi berkaitan dengan ide kreatif, tidak hanya dengan Pak Erick, tapi juga Presiden Joko Widodo. Saat berada di IKN, beliau bahkan sempat meluangkan waktu untuk menyampaikan pemikiran dan ide kreatif terkait pembukaan Piala Dunia U-17,'' ujar Wishnutama seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (10/11/2023).

Masukan dan sumbangan ide kreatif dari Presiden Jokowi tersebut menjadi penanda kepedulian Pemerintah Indonesia terhadap gelaran Piala Dunia U-17. Terlebih, gelaran Piala Dunia U-17 akan menjadi turnamen sepak bola Piala Dunia pertama yang digelar di Indonesia.

Untuk itu, Wishnutama pun bertekad untuk menyajikan seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023 yang bisa dibanggakan rakyat Indonesia. Sebelumnya, Wishnutama merupakan aktor utama di balik kesuksesan upacara pembukaan Asian Summit dan G-20 2023 di Bali serta kemerihan pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

''Hal ini sangat berarti, menunjukkan betapa pentingnya acara pembukaan Piala Dunia U-17 yang spesial buat Indonesia. Saya dan tim bakal bekerja keras menyajikan seremoni pembukaan yang akan membuat rakyat Indonesia bangga," kata Wishutama.

Wishutama juga mengungkapkan, semua persiapan seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023 sudah selesai, mulai dari ide kreatif, desain panggung, performer, artis, dan semua personel yang terlibat. Rencananya, seremoni pembukaan edisi ke-19 Piala Dunia u-17 ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) petang WIB.

Seremoni pembukaan Piala DUnia U-17 2023 itu kemudian akan diikuti oleh laga kedua penyisihan Grup A, Indonesia kontra Ekuador. Di Grup A, Indonesia akan bersaing dengan Ekuador, Panama, dan Maroko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement