Sabtu 11 Nov 2023 07:54 WIB

Jalani Proses Pemulihan Cedera Bersama Spurs, Maddison Dipastikan Absen Bela Inggris

Namun, Southgate tetap menyertakan Maddison dalam skuad timnas Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Tottenham Hotspur dan timnas Inggris, James Maddison.
Foto: AP Photo/Abbie Parr
Gelandang Tottenham Hotspur dan timnas Inggris, James Maddison.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- James Maddison dipastikan tidak akan bergabung bersama Timnas Inggris di jeda internasional ketiga pada musim ini, dua pekan mendatang. Gelandang serang Tottenham Hotspur itu mengalami cedera engkel dan akan melanjutkan proses pemulihan cedera tersebut bersama tim medis Spurs.

Sebelumnya, pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, menyertakan nama Maddison dalam skuad teranyar The Three Lions yang bakal melakoni dua laga pamungkas penyisihan Grup C kualifikasi Piala Eropa 2024. Setelah menjamu Malta di Stadion Wembley, Sabtu (18/11/2023) dini hari WIB, Inggris akan melawat ke markas Makedonia Utara, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Namun, Maddison tidak dapat bergabung bersama rekan-rekan setimnya di pemusatan latihan The Three Lions. Gelandang serang berusia 26 tahun tersebut diketahui belum sepenuhnya pulih dari cedera engkel. Maddison dijadwalkan melakoni serangkaian proses pemulihan cedera di bawah pengawasan tim medis Spurs.

''Kami bisa pastikan, James Maddison mundur dari Timnas Inggris karena cedera engkel. Gelandang tersebut tidak akan tampil di lanjutan kualifikasi Euro 2024 kontra Malta dan Makedonia Utara. Pemain itu akan tetap berada di Spurs untuk menjalani rehabilitasi dengan tim medis,'' tulis pernyataan resmi Tottenham Hotspur, Jumat (10/11/2023).

Eks gelandang serang Leicester City itu mengalami cedera engkel saat Spurs dibekap Chelsea, 1-4, di lanjutan Liga Primer Inggris, awal pekan ini. Dalam laga tersebut, Maddison ditarik keluar pada menit ke-45 dan digantikan oleh Emerson Royal. Kendati mengalami cedera, Maddison ternyata tetap disertakan dalam skuad Timnas Inggris oleh Southgate.

Mantan pelatih Middlesbrough itu sempat mengumbar optimisme soal peluang Maddison untuk tampil bersama Timnas Inggris di dua laga terakhir kualifikasi Euro 2024. Meski mengetahui kondisi cedera yang tengah dialami Maddison, Southgate tetap menyertakannya dalam skuad The Three Lions.

Selain Maddison, Callum Wilson, Bukayo Saka, dan Jude Bellingham disertakan dalam daftar 25 pemain Timnas Inggris dalam kondisi cedera. ''Ada level keraguan yang berbeda di tiap pemain. Keraguan paling tinggi mungkin ada pada Wilson. Sedangkan pemain lain, saya yakin, bisa pulih dari cedera dan memiliki keinginan untuk memperkuat tim ini,'' kata Southgate seperti dilansir Eurosport, beberapa waktu lalu.

Diboyong dari Leicester City dengan banderol transfer sebesar 40 juta poundsterling pada awal musim ini, Maddison langsung memberikan dampak positif buat performa the Lilywhites di bawah kendali Ange Postecoglou. Tidak pernah absen di pentas Liga Primer Inggris musim ini, Maddison sudah menyumbang tiga gol dan lima assist.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement