Senin 13 Nov 2023 12:00 WIB

Pertamina Ceritakan Proses Menjadi Sponsor Utama Tim Valentino Rossi di MotoGP

Melalui kerja sama ini diharapkan terbuka peluang pembalap Indonesia tampil di MotoGP

Acara nonton bareng (nobar) MotoGP Malaysia yang diselenggarakan Pertamina Lubricants di Yogyakarta, Ahad (12/11/2023).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Acara nonton bareng (nobar) MotoGP Malaysia yang diselenggarakan Pertamina Lubricants di Yogyakarta, Ahad (12/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Tim MotoGP milik Valentino Rossi, VR46, akan bekerja sama dengan Pertamina sebagai sponsor utama untuk tiga musim ke depan. Pertamina akan menggantikan sponsor VR46 saat ini, Mooney.

Kesepakatan Pertamina dengan tim VR46 akan dimulai pada musim 2024 hingga tiga tahun ke depan. Nantinya tim milik Rossi ini akan bernama Pertamina Enduro V46 Racing Team. Pertamina Enduro merupakan brand pelumas unggulan Pertamina Lubricants untuk segmen roda 2.

Brand Communication Manager Pertamina Lubricants, Asmirandi Noor Huda, menceritakan bagaimana perusahaan tersebut bisa bekerja sama dengan tim MotoGP milik legenda balap asal Italia tersebut. Menurut Asmirandi, komunikasi antara kedua belah pihak sebenarnya sudah berlangsung lama.

"Approach-nya sebenarnya sudah cukup lama dan ternyata keduanya memiliki kesamaan visi," kata Asmirandi si sela-sela acara nonton bareng (nobar) MotoGP Malaysia di Yogyakarta, Ahad (12/11/2023).

Asmirandi menyatakan bahwa Pertamina sama sekali tidak menawarkan diri ke VR46. Justru tim MotoGP milik Rossi itulah yang mendekati pihaknya. "Mereka yang datang ke kami dan setelah mengirimkan proposal kami menyadari kedua belah pihak memiliki visi-misi yang sama," ujar Asmirandi menambahkan.

Pertamina Lubricants, kata Asmirandi, merupakan market leader dalam pasar pelumas di Indonesia. Adapun VR46 juga melihat bahwa Indonesia memiliki fanbase Rossi ketiga terbesar di dunia.

"Kami sangat senang kerja sama (menjadi sponsor utama) ini disambut baik. Apalagi kami juga yakin VR46 juga merupakan tim yang kompetitif," katanya.

Saat ini, VR46 diperkuat oleh dua pembalap asal Italia, yakni Marco Bezzecchi dan Luca Marini. Hingga putaran ke-18 kemarin, tim ini berada di peringkat ketiga klasemen tim dengan 494 poin.

Asmirandi pun berharap melalui kerja sama ini pada masa mendatang terbuka peluang pembalap asal Indonesia untuk tampil di MotoGP. "Untuk saat ini peluang ke arah sana (MotoGP) memang masih cukup jauh, namun kami harapkan ke depan para pembalap kita bisa menembus ajang bergengsi ini. Apalagi, Valentino Rossi memiliki riders academy-nya sendiri,” katanya.

Acara nobar kemarin dihadiri oleh 200 lebih pecinta otomotif dari berbagai komunitas seperti Max Riders Indonesia Yogyakarta, Scooter Ladies Jogjakarta, Yamaha R25 Owners Indonesia Jogjakarta, Vario 160 Riders Indonesia Yogyakarta, Gsx, Jogjan Xsr Brotherhood Indonesia Djogjakarta, dan Komunitas Ojol Jogjakarta.

Dalam kesempatan tersebut Pertamina Lubricants mengundang berbagai influencers di bidang otomotif seperti Sintya Mariska dan Okky Adams serta pengusaha Kursdarmawan Aryo Baskoro dari Porto.rio untuk berbincang-bincang seputar produk Enduro dan tips and trick touring serta berbagai hal terkait motor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement