Senin 13 Nov 2023 13:41 WIB

Timnas Indonesia Sudah Tiba di Kandang Irak, Shin Tae-yong: Fokus Recovery

Timnas akan menghadapi Irak pada 16 November.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Foto: Dok. PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia langsung menjalani latihan perdana di Irak seusai tiba pada Ahad (12/11/2023) pukul 11.00 waktu setempat. Mereka berlatih di lapangan latihan kompleks sekitar Stadion Internasional Basra, Irak. Pelatih Shin Tae-yong memberikan menu latihan yang berfokus padacpemulihan fisik untuk skuad Garuda di hari pertama.

"Kami mulai latihan perdana di Irak sore hari tadi, jam 4 sore, hanya latihan pemulihan fisik saja," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (13/11/2023).

Baca Juga

Shin Tae-yong berharap tim bisa lebih cepat beradaptasi dengan cuaca dan kondisi lingkungan di Irak. Suhu di Irak saat ini tidak jauh berbeda dengan rata-rata 26 derajat Celsius. Pemain diharapkan tidak terkendala dengan masalah cuaca dan diharapkan meraih kemenangan agar tim Merah Putih bisa lolos kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, terpenting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak, dengan begitu tentu hasilnya akan baik kedepannya," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Di sisi lain, Shin mengaku tak gentar menghadapi Irak yang memiliki ranking FIFA lebih tinggi. "Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kita, apalagi kita ini datang sebagai tamu, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka," ujar dia.

Sementara itu, Marc Klok mengatakan pemain waktu istirahat yang cukup sebelum latihan perdana tersebut. Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah cukup istirahat, latihan ekstra, dan makan sehat. 

"Saya berharap hasil yang terbaik untuk mencapai prestasi yang optimal, nanti tanggal 16 dan 21. Target tentu menang, kami akan berjuang, karena Irak tentu bukan lawan yang mudah, kita lihat saja nanti," kata Marc Klok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement