Rabu 15 Nov 2023 08:42 WIB

Eks Pemain Barcelona Ini Klaim Roberto De Zerbi Lebih Hebat dari Guardiola

Boateng belum sekali pun bekerja sama dengan Pep Guardiola.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih Brighton Roberto de Zerbi.
Foto: AP.
Pelatih Brighton Roberto de Zerbi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan pemain timnas Ghana, Kevin-Prince Boateng, menyebut pelatih Brighton and Hove Albion, Roberto De Zerbi sebagai sosok pelatih yang lebih baik daripada Pep Guardiola. Itu dikatakan Boateng yang pernah bekerja sama dengan De Zerbi beberapa waktu lalu.

"Jika saya memiliki De Zerbi 10-12 tahun yang lalu, sepak bola akan berbeda. Saya pikir dia akan menjadi pelatih terbaik dalam 20-30 tahun ke depan," kata Boateng menjelaskan kepada TV Play dilansir Goal, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga

Boateng menghabiskan setengah musim bermain di bawah asuhan De Zerbi saat masih sama-sama membela Sassuolo pada 2018/2019. Ia bermain 15 kali di bawah manajer berpaspor Italia itu dan mencetak lima gol sebelum dipinjamkan ke Barcelona.

Pamor De Zerbi meningkat berkat kiprahnya bersama i Neroverdi, Sassuolo sebelum pindah ke Shakhtar Donetsk dan Brighton and Hove Albion. Ia menggantikan peran Graham Potter yang pindah ke Chelsea.

Boateng mengeklaim, De Zerbi dapat mengembangkan setiap pemain yang ia miliki di dalam skuad. "Bekerja bersamanya membuat kita merasa lebih kuat dari sebelumnya. De Zerbi membuat Anda merasa sangat terlibat, dia tahu bagaimana memanjakan pemain dan memperhatikan aspek hubungan antara manusia dalam manajemen tim," sambung Boateng.

Pesepak bola berusia 36 tahun telah berada di bawah sederet mentor hebat seperti Massimiliano Allegri, Jurgen Klopp, dan Ernesto Valverde. Namun, Boateng belum sekali pun bekerja sama dengan Pep Guardiola.

Meski demikian, mantan pemain AC Milan menyebut De Zerbi dapat lebih hebat ketimbang pelatih asal Spanyol Guardiola, yang telah menjuarai treble winners bersama Manchester City musim lalu.

"Apakah De Zerbi lebih baik dari Guardiola? Saya menjawab, ya," kata Boateng.

Brighton sendiri tengah mengalami pekan sulit mengingat the Seagulls belum pernah menang dari lima pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris. Kaoru Mitoma dan kawan-kawan berharap bisa kembali ke top performa saat mengunjungi Nottingham Forest pada 25 November mendatang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement