Kamis 16 Nov 2023 06:33 WIB

Langkah Swiss Amankan Tiket Euro 2024 Ditahan Israel

Swiss butuh mengalahkan Kosovo pada laga terakhir untuk lolos ke Euro 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Swiss Ruben Vargas merayakan golnya ke gawang Israel.
Foto: EPA-EFE/LAURENT GILLIERON
Pemain Swiss Ruben Vargas merayakan golnya ke gawang Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Israel mencetak gol penyeimbang pada menit ke-88 untuk meraih hasil imbang 1-1 dengan Swiss pada kualifikasi Euro 2024, yang digelar di tempat netral Hungaria pada Kamis (16/11/2023) dini hari WIB. Hasil ini mempertahankan harapan mereka mencapai putaran final tahun depan di Jerman.

Swiss hanya berjarak dua menit untuk memastikan tempat mereka di putaran final. Namun gol telat dari Shon Weissman membuat mereka harus mengalahkan Kosovo pada akhir pekan ini untuk memastikan tempat mereka di turnamen tersebut.

Baca Juga

Swiss yang belum terkalahkan berada di puncak klasemen Grup I, dengan 16 poin dari delapan pertandingan, tapi hanya unggul selisih gol atas Rumania. Israel berada di urutan ketiga dengan 12 poin dengan ketiga negara memiliki dua pertandingan tersisa.

Swiss terlihat akan meraih kemenangan setelah Ruben Vargas mencetak gol sundulan tanpa kawalan di menit ke-36 setelah menerima umpan silang dari bek sayap Edimilson Fernandes. Gol penyeimbang dari Weisman tercipta setelah Fernandes gagal untuk menyapu bola. Kesengsaraan sang pemain sayap Swiss semakin bertambah saat ia diusir dari lapangan di waktu tambahan karena melakukan pelanggaran yang ceroboh.

Ada dua peluang Swiss yang membentur tiang gawang dalam pertandingan ini, pertama dari Noah Okafor di menit ke-19. Vargas menyambar bola rebound tapi dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain bertahan Sean Goldberg dalam prosesnya. Vargas nyaris menggandakan golnya lima menit setelah golnya, saat tembakannya membentur mistar gawang.

Israel, yang terlihat lebih kuat setelah jeda, mungkin dapat menyamakan kedudukan pada awal babak kedua ketika umpan silang Dor Turgeman disampub Anan Khalaili, tapi sundulannya masih membentur mistar gawang.

Turgeman juga nyaris mencetak gol melalui tendangan jarak jauh yang berani, dari dalam kotak penalti, yang memaksa penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, untuk melakukan penyelamatan dan menepis bola ke atas mistar gawang.

Pertandingan ini seharusnya dimainkan bulan lalu, tapi ditunda karena Israel melakukan agresi ke Palestina. Akibatnya, Israel memainkan empat pertandingan dalam kurun waktu sembilan hari untuk menyelesaikan kualifikasi mereka. Mereka kalah 1-0 di Kosovo Ahad dan selanjutnya akan menghadapi Rumania di Puskas Academy Arena, di pinggiran Budapest, pada Sabtu. Pertandingan terakhir mereka adalah di Andorra pada Selasa mendatang.

Swiss akan menghadapi Kosovo di Basel pada Sabtu dan kemudian menyelesaikan pertandingan tandang mereka di Rumania pada Selasa. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement