Jumat 17 Nov 2023 15:21 WIB

Spalletti Tuntut Kepercayaan Diri Skuad Italia di Dua Laga Pamungkas Kualifikasi Euro 2024

Timnas Italia butuh kemenangan demi memuluskan langkah ke putaran final Euro 2024.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Italia mesti bisa memetik kemenangan di dua laga pamungkas penyisihan Grup C guna memuluskan langkah ke putaran final Euro 2024. Berada di peringkat ketiga, Gli Azzurri masih tertinggal tiga poin dari Ukraina yang duduk di peringkat kedua klasemen sementara Grup C.

Dua posisi teratas di klasemen akhir Grup C berhak melenggang langsung ke Euro 2024 yang akan digelar di Jerman pada pertengahan tahun depan. Inggris sudah lebih dulu memastikan diri sebagai wakil Grup C di putaran final Euro 2024 dengan keunggulan tiga poin dari Ukraina.

Baca Juga

Italia memiliki kesempatan menyamai koleksi poin Ukraina, yang telah tampil di tujuh partai dengan koleksi 13 poin. Kesempatan itu datang kala menjamu Makedonia Utara di Stadion Olimpico, Sabtu (18/11/2023) dini hari WIB. Di pertemuan terakhir dengan Makedonia Utara, Italia gagal memetik poin penuh usai memetik hasil imbang, 1-1.

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, berharap, anak-anak asuhnya bisa menunjukkan karakter yang tepat di laga kontra Makedonia Utara tersebut.

''Kami harus bisa menunjukkan Italia yang memiliki karakter yang kuat dan tahu bagaimana mengatasi situasi ini. Kami mesti menunjukkan kepada dunia gaya sepak bola kami,'' ujar Spalletti seperti dilansir Football Italia, Kamis (16/11/2023).

Tidak hanya itu, pelatih yang mengantarkan Napoli merengkuh scudetto Serie A Italia pada musim lalu itu juga menuntut para penggawa Gli Azzurri untuk bisa tampil dengan kepercayaan diri tinggi di dua laga pamungkas penyisihan Grup C Kualifikasi Euro 2024.

Setelah menghadapi Makedonia Utara, Italia akan berduel dengan Ukraina di Stadion Bay Arena, Leverkusen, Jerman, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB. Laga ini akan menjadi penentuan langkah La Nazionale untuk bisa melaju langsung ke Euro 2024. Meski kehilangan sejumlah pemain akibat cedera, Spalletti mengaku masih cukup yakin dengan kemampuan Gli Azzurri memetik kemenangan di dua laga tersebut.

''Kami mempersiapkan diri dengan baik. Kami masih memiliki skuad yang cukup kompetitif. Karena itu, kami harus menatap dua laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. Sempat tampil bersama di beberapa laga terakhir, kami sudah memiliki kerangka sebagai acuan untuk penampilan tim ini,'' kata eks pelatih AS Roma tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement