Jumat 17 Nov 2023 16:54 WIB

Bek Kanan Andalan Liverpool Ini Rela tak Jadi Pilihan Utama di Timnas Inggris

Di timnas Inggris, ia bermain sebagai gelandang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepakbola  Inggris Trent Alexander-Arnold (kiri) memblok tendangan pesepakbola Australia Craig Goodwin dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.
Foto: AP/David Cliff
Pesepakbola Inggris Trent Alexander-Arnold (kiri) memblok tendangan pesepakbola Australia Craig Goodwin dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Trent Alexander-Arnold menikmati peran barunya di tim nasional Inggris. Nampaknya, ia bakal sering dimainkan di lini tengah.

Penggawa Liverpool itu mengakui keadaan demikian, memberinya kegembiraan ekstra. Sejatinya Alexander-Arnold adalah seorang bek kanan. Bersama the Reds, ia tak tergantikan di area tersebut.

Baca Juga

Namun situasi berbeda ketika bicara timnas Inggris. The Theree Lions memiliki beberapa bek kanan dengan kualitas yang juga kelas dunia. Ada Kyle Walker, Kieran Trippier, serta Reece James.

Alhasil, terkadang Arnold dikorbankan. Pelatih Gareth Southgate mencari langkah solutif. Ia mengusulkan perubahan posisi.

Sebelumnya, Southgate pernah memasang pria 25 tahun itu di lini tengah saat menghadapi Malta. Itu terjadi pada putaran pertama Kualifikasi Euro 2024 di Grup C. Hasilnya pasukan tiga singa menang 4-0.

Menurut catatan whoscored, Arnold menjadi pemain terbaik di pertandingan itu. Wakil kapten Liverpool ini turut mencetak satu gol. Di akhir laga, yang bersangkutan mendapat nilai sembilan.

Kini lawan yang sama akan dihadapi Inggris. Sang raksasa bertindak sebagai tuan rumah. Duel tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (18/11/2023), pukul 02.45 WIB.

Arnold mengaku sudah berbicara dengan Southgate mengenai situasinya. Responnya bukan sebuah penolakan. Ia justru tertarik menjalani peran baru tersebut.

"Ini peluang besar dan saya bersyukur memilikinya. Saya memastikan untuk memanfaatkannya. Ini masih awal, saya belum punya banyak pengalaman di sana jadi masih belajar sambil bekerja dan mengambil sebanyak yang saya bisa ketika saya berada di sana."

"Ini menarik dan saya senang belajar, saya menikmati pemahaman seperti itu terhadap permainan, mencoba memahami berbagai peran dan posisi, serta mengagumi apa yang dilakukan orang-orang di area tersebut," ujar Arnold, dikutip dari sports.ndtv.com, Jumat (17/11/2023).

Inggris sudah memastikan diri lolos ke Jerman. Fakta demikian memperbesar peluang bagi Southgate untuk mengutak-atik amunisinya. Sebelumnya yang bersangkutan mendapat kritikan dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Namun berjalannya waktu, Klopp juga sesekali mendorong Arnold lebih ke tengah. Itu jika stok gelandang Merseyside Merah yang bugar, menipis.  Nampaknya ini bisa menjadi solusi terbaik untuk semua pihak.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement