Ahad 19 Nov 2023 19:15 WIB

Meski Belanda Berhasil Lolos ke Euro 2024, Koeman Masih Simpan Sejumlah Catatan

Sumber optimisme Koeman di Euro 2024 terletak pada pontesi pulihnya pemain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Belanda Ronald Koeman.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Pelatih Belanda Ronald Koeman.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Belanda sukses memastikan satu tempat di putaran final Euro 2024 usai menundukan Republik Irlandia, 1-0, di laga ketujuh penyisihan Grup B Kualifikasi Euro 2024, Ahad (19/11/2023) dini hari WIB. Tim Oranje bakal berlaga di putaran final Euro 2024 sebagai runner-up Grup B.

Tambahan tiga angka di laga in membawa Belanda kian nyaman di peringkat kedua klasemen sementara Grup B. Tim Oranje unggul tiga poin atas Yunani, yang bertengger di peringkat ketiga. Namun, Belanda terpaut enam poin dari Prancis selaku pemuncak klasemen sementara Grup F dengan raihan 21 poin dari tujuh laga.

Baca Juga

Kendati Virgil van Dijk dan kawan-kawan sudah berhasil melaju ke putaran final Euro 2024, pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, belum sepenuhnya puas dengan performa anak-anak asuhnya. Kemenangan tipis, 1-0, atas Republik Irlandia membuat performa Tim Oranje belum terlalu menyakinkan.

''Salah satu target sudah tercapai (lolos ke Euro 2024). Tentu, kami gembira. Namun, sebagai pelatih, Anda harus bisa melihat ke depan. Ada momen-momen pertandingan, kami kesulitan untuk menyelesaikan serangan. Keunggulan, 1-0, merupakan posisi yang rentan dan berbahaya,'' kata Koeman seperti dilansir NOS, Ahad (19/11/2023).

Kendati begitu, eks pelatih Barcelona itu tetap melihat sisi positif dari performa anak-anak asuhnya di laga ini. Koeman memuji penampilan pemain gaek di lini belakang Tim Oranje, Stefan de Vrij dan Daley Blind. Dengan cedera yang menerpa Nathan Ake, Koeman memilih menurunkan De Vrij dan Blind untuk menemani Van Dijk di lini belakang.

Gol kemenangan Belanda di laga itu pun tidak terlepas dari kontribusi salah satu pemain tersebut. Wout Weghrost berhasil memaksimalkan umpan De Vrij dengan sepakan kaki kanan dari tepi kotak penalti pada menit ke-12 dalam laga di Stadion Johan Cruyyf Arena, Amsterdam, tersebut.

''Kami bertahan dengan cukup baik. Trio lini belakang, De Vrij, Van Dijk, dan, Blind, tampil dengan sempurna. Kami mungkin tidak terlalu sering memberikan tekanan di laga ini. Namun, kami memiliki banyak peluang lewat transisi permainan. Dari situlah, gol itu lahir,'' ujar Koeman.

Koeman, yang melakoni kesempatan kedua menukangi Tim Oranje, cukup yakin, Belanda bisa tampil kompetitif di Euro 2024, yang bakal digelar di Jerman pada pertengahan tahun depan. Di edisi terakhir Euro, tepatnya di Euro 2020, Belanda harus puas mengakhiri kiprah di babak 16 besar.

Sumber optimisme Koeman di Euro 2024 terletak pada pontesi kembalinya pemain yang mengalami cedera. Tim Oranje memang tengah diterpa badai cedera pemain. Sejumlah penggawa andalan, Frenkie de Jong, Nathan Ake, dan Memphis Depay, terpaksa absen di Timnas Belanda lantaran mengalami cedera.

''Kami harus melakukan berbagai perubahan dan begitu banyak pemain yang mengalami cedera. Meski masih harus untuk memperbaiki sejumlah aspek permainan untuk bersaing dengan tim top, jika para pemain yang sudah cedera telah kembali, maka kami akan menjadi tim yang sangat kuat di Euro,'' kata Koeman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement