Selasa 21 Nov 2023 14:37 WIB

Cristiano Ronaldo Terus Catatkan Rekor-Rekor Spektakuler Meski Merumput di Liga Pro Saudi

Sulit bagi pesepak bola lain untuk menyamai sejumlah rekor Ronaldo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Bintang klub Arab Saudi Al-Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: AP Photo/Armando Franca
Bintang klub Arab Saudi Al-Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo terus menunjukkan betapa luar biasanya dia sebagai pesepak bola. Sejauh musim ini di Liga Pro Saudi, ia telah mencetak lebih banyak gol plus assist daripada jumlah pertandingannya bersama Al Nassr.

Ronaldo juga menunjukkan pengaruh besarnya dengan kedatangan beberapa bintang Eropa yang meningkatkan level Liga Pro Saudi.

Baca Juga

Dari 12 pertandingan yang telah dimainkan musim ini, Ronaldo mencetak 13 gol dan 7 assist. CR7, julukan Ronaldo, mempertegas pepatah yang mengatakan bahwa "usia hanyalah sebuah angka" dan di usianya yang telah menginjak 38 tahun, ia masih berada di level yang luar biasa.

Hal ini membuat catatan keseluruhannya sejak tiba di Timur Tengah menyusul pemutusan kontrak bersama Manchester United menjadi 30 gol dan 11 assist dalam 36 pertandingan dengan 3.257 menit bermain.

Ini adalah angka yang sama dengan yang ia raih sepanjang kariernya yang panjang di Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan Manchester United. Namun, ia masih terlalu muda untuk tampil impresif saat membela Sporting Lisbon.

Dikutip dari Marca, Selasa (21/11/2023), jumlah gol Ronaldo secara keseluruhan dalam kariernya mencapai 731 gol dalam 985 pertandingan. Sudah cukup untuk dianggap sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa, bahkan menjadi lebih hebat lagi jika ditambah dengan 234 assist. Total 965 gol dan assist dalam 985 pertandingan.

Sebagai gambaran, jika seorang pemain rata-rata mencetak 50 gol per musim, maka pemain itu membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk mencapai angka yang sama. Jika pemain itu rata-rata mencetak 20 gol, sebuah angka yang sangat tinggi, maka dibutuhkan waktu hampir setengah abad untuk menyamai Ronaldo.

Menambahkan statistiknya di Portugal ke dalam persamaan, Ronaldo telah mencetak 128 gol dan 46 assist dalam 205 pertandingan untuk negaranya dengan 16.000 menit bermain, dengan 142 di antaranya datang dalam format kompetitif seperti Piala Dunia atau Euro atau kualifikasi.

Tidak heran jika Ronaldo berhasil memenangkan 30 trofi klub, termasuk lima juara Liga Champions. Ia juga memiliki lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) antara tahun 2008-2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement