Ahad 19 Nov 2023 18:05 WIB

Pengakuan Haaland Seputar Kekaguman Terhadap Kualitas Cristiano Ronaldo

Haaland tak ragu menyebut Cristiano Ronaldo sebagai sosok yang menginspirasinya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City, Erling Haaland.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Striker Manchester City, Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Haaland tumbuh menjadi striker yang paling ditakuti di Liga Primer Inggeis. Bahkan di seantero Eropa juga di pentas global.

Kini, ia berkostum Manchester City. Halaand tak tergantikan di lini depan Man City. Sang penyerang telah mencetak 69 gol dari 71 pertandingan bersama the Sky Blues di semua ajang.

Baca Juga

Usianya baru menyentuh angka 23. Masih panjang perjalanan pria Norwegia ini. Eks penggawa Borussia Dortmund itu tak ragu menyebut Cristiano Ronaldo sebagai sosok yang menginspirasinya.

Ronaldo menorehkan catatan gemilang saat bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Sosok yang kini berkostum Al Nassr itu memenangkan tujuh gelar liga domestik, dan meraih lima mahkota Liga Champions. Bersama klub-klub tersebut ia mencetak 701 gol di berbagai kompetisi.

Ronaldo juga gemilang di tim nasional Portugal. Ia menjadi pencetak gol dan pemain dengan penampilan terbanyak di pentas internasional. Sepak terjang sang bintang membuat Haaland terkesan.

"Saya ingat selalu menontonnya di youtube untuk mengetahui pergerakannya di kotak penalti," kata Erling Haaland, dikutip dari mirror.co.uk, Ahad (19/11/2023).

Ia melihat Ronaldo biasa melakukan dua atau tiga gerakan, kemudian mengeksekusinya. Tentu ada banyak duel dengan bek tengah lawan.

Namun, statistik menunjukkan CR7 piawai untuk urusan itu. Bukan hanya karena kelincahan atau kerasnya tendangan sang penyerang, melainkan bagaimana mendapatkan momentum untuk bergerak juga sangat penting.

"Anda ingat ketika dia bermain di Manchester United dan tahun-tahun pertama di Real Madrid. Ia menjadi lebih dari seorang striker di Madrid. Sungguh luar biasa baginya bahwa dia berhasil. Tapi juga bagaimana dia mencetak gol. Itu adalah gerakan-gerakan kecil yang dilakukannya. Aksinya di kotak penalti. Ia mampu menipu para pemain bertahan," ujar Haaland.

Jebolan akademi Bryne ini mengambil banyak pelajaran dari seniornya. Hasilnya kelihatan. Kini Haaland dipandang sebagai pemain nomor sembilan terbaik dunia.

Era Ronaldo-Lionel Messi mendekati purna. Haaland salah satu yang diprediksi bakal menggantikan hegemoni dua superstar itu. Nama lainnya yang muncul ke permukaan adalah Kylian Mbappe.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement