Selasa 31 Oct 2023 12:07 WIB

Gagal Raih Trofi Ballon d'Or 2023, Haaland Bawa Pulang Trofi 'Hiburan'

Trofi Gerd Mueller 2023 ini melengkapi gelar sepatu emas Eropa Haaland.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City, Erling Haaland, meraih penghargaan Gerd Mueller Trophy 2023 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED BADRA
Striker Manchester City, Erling Haaland, meraih penghargaan Gerd Mueller Trophy 2023 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Erling Haaland tidak sepenuhnya pulang dengan tangan hampa dari malam penghargaan Ballon d'Or 2023, yang dihelat di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat. Penyerang asal Norwegia itu menyabet penghargaan Gerd Mueller Trophy 2023.

Gerd Mueller Trophy merupakan penghargaan yang diberikan penyelenggara Ballon d'Or, France Football, terhadap pemain tersubur pada musim lalu. Gerd Mueller Trophy ini mengambil nama salah satu striker legendaris asal Jerman, Gerd Mueller, sebagai bentuk penghormatan terhadap dirinya.

Baca Juga

Gerd Mueller Trophy menjadi salah satu kategori teranyar dalam penghargaan Ballon d'Or, yang dimulai pada edisi 2022. Penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski, menjadi peraih trofi Gerd Mueller pada edisi pertama seusai menorehkan 57 gol dari 56 penampilan di semua ajang, baik di level klub maupun saat memperkuat timnas Polandia pada musim sebelumnya.

Pada 2023 atau edisi kedua, Gerd Mueller Trophy menjadi milik Haaland. Penyerang berusia 23 tahun itu mencetak 56 gol dari 57 penampilan di semua ajang pada musim lalu atau terhitung sejak 1 Agustus 2022 hingga 31 Juli 2023, yang menjadi rentang waktu penilaian untuk Ballon d'Or 2023.

Haaland tercatat mengemas 52 gol dari 53 penampilan di semua ajang bersama Manchester City di level klub. Sementara saat memperkuat timnas Norwegia, Haaland mencetak empat gol di semua ajang. Haaland pun menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak pada musim lalu.

Trofi Gerd Mueller 2023 ini melengkapi gelar sepatu emas Eropa, yang diraih Haaland pada musim lalu. Pun dengan keberhasilan eks penyerang Borussia Dortmund meraih berbagai prestasi individu di pentas Liga Primer Inggris musim lalu, mulai dari top skorer kompetisi dengan koleksi 36 gol, pemain terbaik, hingga pemain muda terbaik.

''Saya ingin berterima kasih kepada Manchester City, seluruh pihak di klub tersebut. Selain itu, ucapan terima kasih juga saya tujukan untuk keluarga dan semua orang terdekat, yang telah membantu saya berada di posisi ini,'' kata Haaland usai menerima penghargaan Gerd Mueller Trophy 2023 seperti dikutip BBC, Selasa (31/10/2023).

Penghargaan Gerd Mueller Trophy 2023 ini bisa dibilang menjadi pelipur lara buat Haaland usai gagal bersaing dengan Lionel Messi dalam meraih trofi Ballon d'Or 2023. Haaland berada di urutan kedua dalam tiga besar peraih penghargaan Ballon d'Or 2023, diikuti penyerang Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe, yang menempati peringkat ketiga.

Padahal, kiprah Haaland pada musim lalu begitu impresif. Meski melakoni musim debut bersama Manchester City menyusul kepindahan dari Borussia Dortmund, Haaland langsung menunjukkan performa apik dan tampil konsisten dalam urusan mencetak gol. Tidak hanya itu, Haaland juga berhasil mengantarkan Man City meraih tiga gelar sekaligus (treble winners), trofi Liga Champions, gelar juara Liga Primer Inggris, dan kampiun Piala FA.

Namun, torehan ini tidak cukup membuat Haaland mendapatkan suara lebih banyak dibanding Messi. Keberhasilan mengantarkan Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 agaknya menjadi keunggulan terbesar Messi atas pesaing-pesaing terdekatnya, termasuk Haaland, dalam perebutan trofi Ballon d'Or 2022, yang ditentukan berdasarkan pilihan para jurnalis sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement