Rabu 08 Nov 2023 06:01 WIB

Haaland Cetak Dua Gol Saat Man City Pastikan Tiket Babak 16 Besar Liga Champions

Man City memuncaki Grup G dengan nilai sempurna 12 lewat kemenangan 3-0.

Penyerang Manchester City Erling Haaland
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Penyerang Manchester City Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Haaland mencetak dua gol saat tuan rumah Manchester City menaklukkan Young Boys 3-0 dalam laga keempat Grup G Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, RAbu (8/11/2023) dini hari WIB. Man City memastikan tiket berlaga di babak 16 besar Liga Champions dengan dua pertandingan grup berkat kemenangan ini.

Tim asuhan Pep Guardiola mempertahankan rekor 100 persen dan memimpin Grup G dengan 12 poin dari empat pertandingan. Young Boys, yang harus bermain dengan 10 pemain ketika Sandro Lauper mendapat kartu merah pada menit ke-53, berada di urutan keempat grup dengan satu poin.

Baca Juga

Haaland kini telah mengoleksi 39 gol di Liga Champions dari 34 penampilan. Ia berpeluang untuk memecahkan rekor penampilan paling sedikit untuk mencapai 40 gol, yaitu 45 pertandingan yang dipegang oleh Ruud van Nistelrooy.

Pemain berusia 23 tahun ini mengalami cedera pada pergelangan kakinya dalam kemenangan 6-1 atas Bournemouth di Liga Primer Inggris pada akhir pekan lalu, yang menimbulkan pertanyaan apakah ia akan bermain pada laga ini.

City menerapkan tekanan sejak kickoff dan Haaland memecah kebuntuan dari tendangan penalti pada menit ke-23 setelah tekel Lauper terhadap Matheus Nunes di dalam kotak penalti. Striker asal Norwegia ini melayangkan tinju ke udara setelah membuat kiper Anthony Racioppi salah arah.

Phil Foden menggandakan keunggulan City beberapa detik sebelum turun minum. Gelandang Inggris ini memotong ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Racioppi dengan tembakan mendatar.

Gol kedua Haaland - dan gol keempat dalam dua pertandingan melawan Young Boys - merupakan tendangan roket kaki kiri yang indah dari jarak 21 meter pada menit ke-51.

Haaland, yang sempat bertukar jersey dengan kapten Young Boys, Mohamed Ali Camara, saat mereka keluar dari lapangan saat turun minum, digantikan dengan tepuk tangan meriah dari para pendukung tuan rumah beberapa menit kemudian.

Skor bisa saja lebih timpang karena City memiliki banyak peluang emas, termasuk upaya Rico Lewis yang terlihat akan masuk ke gawang sebelum dihalau oleh Loris Benito.

Penyerang asal Belgia, Jeremy Doku, mengirimkan sebuah umpan silang yang sangat akurat setelah masuk di menit-menit akhir pertandingan, tapi tidak dapat diselesaikan oleh Nunes.

City tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions sejak takluk 1-3 dari Real Madrid di semifinal pada Mei 2022.

"Untuk lolos dengan dua pertandingan tersisa, itulah yang ingin kami lakukan," kata Grealish kepada TNT Sports. "Dia (Guardiola) memberi kami begitu banyak hal. Menurut saya, dia adalah manajer terbaik di dunia. Dia telah menunjukkannya selama bertahun-tahun. Namun Anda bisa memiliki manajer terbaik di dunia, tapi Anda juga membutuhkan tim.

"Itulah yang kami miliki, tim yang brilian di atas lapangan serta juga di luar lapangan. Kami memiliki tim brilian yang begitu dekat. Kami senang bersama satu sama lain setiap hari dan bermain satu sama lain."

City akan menjamu RB Leipzig pada 28 November dan kemudian menutup fase grup dengan bertandang ke Red Star Belgrade pada 13 Desember.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement