Selasa 21 Nov 2023 19:06 WIB

Babak I, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Filipina

Indonesia kesulitan mengembangkan permainan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (kanan).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Tampil kurang baik tim nasional Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari timnas Filipina pada babak pertama pertandingan matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Bermain di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023) malam WIB. Tuan rumah Filipina mencetak gol melalui penyerang Patrick Reichelt pada menit ke-23.

Baca Juga

Tidak seperti biasanya penampilan Rizky Ridho dan kawan-kawan pada interval pertama cukup mengherankan pecinta kulit bundar Tanah Air.

Bahkan Filipina dengan mudah langsung dapat mengambil inisiatif untuk menekan pertahanan Garuda Merah Putih. Serangan Filipina beberapa kali mampu mengancam Indonesia.

Bek Timnas Indonesia Rizky Ridho nyaris melakukan gol bunuh diri pada menit ke-13. Berawal dari umpan lambung ke dalam kotak penalti Indonesia, Patrick Reichelt berhasil merepotkan dua bek tengah Indonesia.

Rizky Ridho berusaha melakukan clearance tapi justru mengarah ke gawang sendiri, namun bola masih bisa ditepis keluar oleh kiper Ernando.

Ernando Ari lagi-lagi menyelamatkan gawang Timnas Indonesia pada menit ke-20. Berawal dari kesalahan Rizky Ridho, Jesse Curran memiliki peluang emas di dalam kotak penalti Indonesia dan melepaskan tendangan keras.

Bola sukses ditepis Ernando. Dua menit kemudian Filipina dua kali melepaskan tendangan lanjutan, tapi dua kali pula Ernando melakukan penyelamatan.

Gawang Indonesia akhirnya kebobolan pada menit ke-24 lewat sepakan keras Patrick Reichelt. Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain dengan Sandy Walsh digantikan oleh Witan Sulaeman. Kehadiran Witan mampu menghidupkan serangan Indonesia.

Pada menit ke-33 berkat umpan Witan, Rafael Struick mampu melepaskan tembakan yang meluncur tipis di sisi kiri gawang Filipina.

Memasuki menit ke-40 Timnas Indonesia mulai bisa mengembangkan permainan. Namun tidak ada gol tercipta hingga peluit turun minum berbunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement