Rabu 22 Nov 2023 06:56 WIB

Dapat Dua Kartu Kuning dalam 30 Detik, Sergino Dest Disemprot Para Pemain dan Pelatih AS

AS kalah 1-2 dari Trinidad and Tobago.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Sergino Dest
Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Sergino Dest

REPUBLIKA.CO.ID, PORT OF SPAIN -- Sejumlah elemen di tim nasional Amerika Serikat mengecam Sergino Dest. Itu karena ulah Dest yang merugikan pasukan Negeri Paman Sam secara keseluruhan.

Situasi bermula saat AS bertandang ke markas Trinidad and Tobago pada leg kedua perempat final CONCACAF Nations League musim 2023/24. Duel berlangsung di Hasely Crawford Stadium, Port of Spain, Selasa (21//11/2023).

Baca Juga

Dest menjadi starter di pertandingan itu. Pada menit ke-39, ia kehilangan ketenangannya. Ia mendapat dua kartu kuning hanya dalam waktu 30 detik. Sekali lagi detik, bukan menit. Ia meninggalkan lapangan dengan gundah gulana. 

Situasi bermula dari kekeselannya terhadap wasit. Ia menunjukkan rasa frustrasi. Ia diganjar kartu kuning pertama. Merasa tidak layak diperlakukan demikian, ia mengonfrontasi pengadil. Lahirlah kartu kuning kedua.

Dua penggawa AS lainnya, Gio Reyna dan Yunus Musah menariknya pergi. Reyna bahkan sampai menutup mulut pemain yang dipinjam dari Barcelona itu. Ini agar hukuman terhadap Dest tidak berlanjut ke situasi yang lebih parah.

Tim Ream, Matt Turner memarahi bek sayap 23 tahun itu. Setelah pertandingan, beberapa sosok berpengaruh di kubu the Stars and Stripes terang-terangan mengekspresikan kekesalan. Tak terkecuali pelatih Gregg Berhalter.

"Kami tidak seperti itu, sebagai sebuah kelompok. Kami bangga dengan diri kami sendiri yang tetap disiplin secara mental, berjuang melalui kondisi apa pun, apakah itu keputusan baik atau buruk. Kami harus terus maju dan merespon dengan cara yang tepat. Jelas itu bukan reaksi yang tepat dari Sergino," kata Berhalter kepada ESPN, dikutip dari livesoccertv.com.

Antonee Robinson yang mencetak satu-satunya gol AS di pertandingan tersebut, menyebut tindakan West tidak profesional. Ream menilai eks Ajax Amsterdam ini kurang menunjukkan rasa hormat pada rekan setimnya. Belum diketahui apakah Berhalter bakal menghukum jebolan akademi Ajax itu, atau tidak.

The Stars and Stripes takluk 1-2 dari tuan rumah. Namun kubu tamu tetap melaju ke babak selanjutnya. Pasalnya, di pertemuan pertama, AS menang 3-0 atas Trinidad and Tobago.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement