Rabu 22 Nov 2023 05:35 WIB

Budimir Pastikan Kroasia Lolos ke Euro 2024

Kroasia mengalahkan Armenia 1-0 untuk finis sebagai runner up Grup D kualifikasi Euro

Ante Budimir dari Kroasia merayakan gol 1-0 pada pertandingan kualifikasi Grup D UEFA EURO 2024 antara Kroasia dan Armenia di Zagreb, Kroasia, Rabu (22/10/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO BAT
Ante Budimir dari Kroasia merayakan gol 1-0 pada pertandingan kualifikasi Grup D UEFA EURO 2024 antara Kroasia dan Armenia di Zagreb, Kroasia, Rabu (22/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ZAGREB -- Gol internasional kedua Ante Budimir sudah cukup bagi Kroasia untuk memastikan tempat mereka di putaran final Euro 2024 di Jerman. Gol itu memastikan kemenangan Kroasia 1-0 atas Armenia di Zagreb, Selasa (21/11/2023), untuk menjadi runner-up di Grup D Kualifikasi Euro 2023.

Kroasia bersaing dengan Wales untuk mendampingi Turki lolos ke Jerman tahun depan. Luka Modric dkk butuh kemenangan untuk memastikan itu tanpa harus memedulikan hasil laga Wales kontra Turki. Mereka berhasil mendapatkannya, meskipun jika tidak tetap lolos karena Wales ditahan imbang Turki 1-1.

Baca Juga

Kroasia mengurung pertahanan Armenia tanpa menciptakan peluang yang jelas hingga gol sundulan Budimir dua menit sebelum turun minum. Umpan silang Borna Sosa dari sisi kiri sangat sempurna bagi sang penyerang untuk mendahului pemain lawan dan mencetak gol dari jarak enam meter.

Luka Modric tampil luar biasa untuk tim tuan rumah, seolah mengingkari usianya yang telah menginjak 38 tahun. Modric menjadi penentu di lini tengah, membuat Kroasia mampu mengendalikan tempo pada babak kedua dan menciptakan beberapa peluang yang gagal dituntaskan rekannya.

Turki berada di puncak klasemen dengan 17 poin dari delapan pertandingan, satu poin lebih banyak dari Kroasia. Wales harus puas dengan satu tempat di babak playoff, sedangkan mimpi Armenia telah padam sebelum pertandingan terakhir mereka.

Ini merupakan kelolosan keenam kalinya secara beruntun ke putaran final Euro bagi Kroasia, dan yang ketujuh secara keseluruhan, setelah berada di peringkat dua dan tiga di dua Piala Dunia terakhir. Namun Kroasia tidak pernah melaju lebih jauh dari babak perempat final di Euro.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement