Kamis 23 Nov 2023 09:07 WIB

Maguire Terima Permohonan Maaf Politikus Ghana yang Dulu Sempat Mengoloknya

Adongo menggunakan analogi performa buruk Maguire dengan kebijakan ekonomi Ghana.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Bek Manchester United Harry Maguire
Foto: AP Photo/David Cliff
Bek Manchester United Harry Maguire

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek tengah Manchester United (MU), Harry Maguire, merespons permohonan maaf yang diajukan secara terbuka oleh salah satu anggota parlemen Ghana, Isaac Adongo. Maguire bahkan berharap bisa bertemu secara langsung dengan Adongo di markas MU, Stadion Old Trafford.

Adongo mengungkapkan permohonan maaf kepada Maguire dalam kesempatan rapat di parlemen Ghana pada Selasa (21/11/2023) waktu setempat. Dalam uraiannya di depan parlemen Ghana, anggota oposisi dari Nasional Demokrat itu mengaku keliru menggunakan performa Maguire di atas lapangan sebagai analogi kesalahan kebijakan ekonomi Pemerintah Ghana.

Baca Juga

Sebelumnya, Adongo menyebut kebijakan ekonomi yang diambil Wakil Presiden Ghana Mahamudu Bawumia layaknya performa buruk Maguire, yang kerap dianggap menjadi biang keladi kekalahan Setan Merah. Analogi itu disampaikan Adongo dalam sidang parlemen Ghana pada Desember tahun lalu.

"Jika Anda penggemar sepak bola, pasti Anda tahu, pemain di Inggris yang bernama Maguire. Dia malah menjadi ancaman terbesar di lini belakang tim yang diperkuatnya, Manchester United. Dia melakukan tekel ke rekan setimnya dan memberikan assist buat pemain lawan,'' kata Adongo dalam kesempatan tersebut.

Berselang kurang dari setahun setelah melontarkan analogi sekaligus ejekan terhadap Maguire, Adongo meminta maaf. Adongo menyebut, bek tengah asal Inggris itu sudah menunjukan peningkatan performa secara signifikan. Maguire bahkan dinilai sudah menjadi pemain kunci di lini belakang tim besutan Erik ten Hag tersebut.

"Kini, saya harus meminta maaf soal Harry Maguire. Dia sudah bangkit menjadi jauh lebih baik. Maguire saat ini telah mencetak gol buat United dan menjadi pemain kunci buat tim itu," kata Adongo dalam sidang parlemen Ghana seperti dikutip Metro, Kamis (23/11/2023).

Cuplikan video permintaan maaf Adongo itu pun tersebar di media sosial. Maguire akhirnya ikut memberikan respons terkait permohonan maaf Adongo tersebut. Dalam salah satu unggahan di akun media sosial miliknya, bek tengah berusia 30 tahun itu menerima permohonan maaf politisi Ghana tersebut.

Tidak hanya itu, pemain yang masih menyandang status sebagai pemain bertahan termahal sejagat itu juga berharap bisa bertemu Adongo di Stadion Old Trafford. Unggahan itu dilengkapi Maguire dengan emoji yang menandakan jabat tangan dan senyum simpul. 

"Permohonan maaf diterima tuan Adongo. Sampai bertemu di Old Trafford segera," tulis Maguire.

Sempat tersingkir dari tim inti United pada awal musim ini, Maguire memang kembali menjadi pilihan utama Erik ten Hag di lini belakang Setan Merah. Cedera yang sempat dialami Raphael Varane dan yang tengah menimpa Lisandro Martinez sepertinya menjadi berkah tersendiri buat mantan bek tengah Leicester City tersebut.

Dari 12 laga yang telah dilakoni United di Liga Primer Inggris musim ini, Maguire telah tampil di tujuh laga. Pemain yang disebut-sebut siap dilepas ke West Ham United tersebut bahkan menjadi starter dalam lima laga terakhir United di pentas Liga Primer Inggris, termasuk saat memberikan assist kala United menundukan Brentford 2-1, awal bulan lalu.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement