Kamis 26 Oct 2023 19:07 WIB

Maguire Masih Bisa Tinggalkan United pada Januari Mendatang

Maguire kini kerap jadi pahlawan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bek Manchester United Harry Maguire.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Bek Manchester United Harry Maguire.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Harry Maguire bisa dibilang tengah melakoni momen terbaik setidaknya dalam dua musim terakhir memperkuat Manchester United. Lewat performa apik di dua laga terakhir di semua ajang, bek tengah asal Inggris itu mulai menjawab berbagai kritik dan keraguan terhadap dirinya. 

Maguire, yang tidak pernah terpilih masuk tim inti sejak United ditangani Erik ten Hag, akhirnya dipercaya tampil sebagai starter di dua laga terakhir. Cedera yang dialami Lisandro Martinez dan Raphael Varane, yang belum sepenuhnya bugar, menjadi berkah tersendiri buat Maguire.

Baca Juga

Bek tengah berusia 30 tahun itu mendapatkan kesempatan tampil sejak menit pertama saat United menundukan Sheffield United, 2-1, akhir pekan lalu, dan Kopenhagen, 1-0, tengah pekan ini. Tampil solid dalam mengawal lini belakang United, Maguire terpilih sebagai pemain terbaik di laga kontra The Blades.

Puncaknya, mantan bek tengah Leicester City itu mencetak gol kemenangan Setan Merah kala membungkam Kopenhagen di laga ketiga penyisihan Grup A Liga Champions, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB. Maguire pun dinilai sudah mulai menemukan performa terbaiknya setelah selalu menjadi bahan cemoohan, tidak hanya buat fans United, tapi juga pendukung Timnas Inggris.

Kondisi ini kemudian berimbas pada rumor kelanjutan kiprah Maguire, yang sempat masuk dalam daftar jual pada awal musim ini. Maguire memang sempat begitu dekat dengan pintu keluar United pada awal musim ini dan dilaporkan bakal hijrah ke West Ham United. Namun, United dan The Hammers gagal mencapai kata sepakat hingga penutupan bursa transfer awal musim ini.

Dengan menilik performa di dua laga terakhir, United kabarnya siap mempertahankan pemain yang masih berstatus sebagai bek termahal sejagat tersebut. Kendati begitu, Maguire dilaporkan masih membuka kemungkinan untuk meninggalkan Setan Merah pada pertengahan musim ini.

Jurnalis sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano, mengungkapkan, penampilan impresif Maguire dalam sepekan terakhir tidak memiliki dampak terlalu banyak pada situasi Maguire di Setan Merah. Romano pun menyebut skenario yang bisa memperbesar peluang Maguire hengkang dari United pada Januari mendatang.

''Sangat penting buat dia untuk tampil secara reguler pada sisa musim ini, demi upaya tampil di Euro 2024. Namun, jika kembali menjadi penghuni bangku cadangan pada November hingga Desember, dia sudah mempertimbangkan berganti klub pada pertengahan musim ini, tergantung dari proposal yang datang,'' tutur Romano seperti dikutip One Football, Kamis (26/10/2023).

Terlepas dari kemungkinan skenario tersebut, Maguire disebut siap untuk bisa bersaing dalam memperebutkan posisi utama di lini belakang Setan Merah, setidaknya hingga akhir musim ini. ''Dia masih ingin bertarung dan menunjukan nilainya buat klub itu. Kini, dia merasa sedikit berbeda dan bukan tidak mungkin keputusannya akan berubah pada masa mendatang,'' kata Romano.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement