Kamis 23 Nov 2023 11:53 WIB

Maldini Ungkap Upaya AC Milan Bujuk Messi Merapat ke San Siro

Maldini berharap bisa memanfaatkan kegagalan Barcelona memperpanjang kontrak Messi.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
 Mantan Direktur Teknik AC Milan Paolo Maldini
Foto: EPA-EFE/PAOLO MAGNI
Mantan Direktur Teknik AC Milan Paolo Maldini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Mantan Direktur Teknik AC Milan Paolo Maldini mengungkapkan pernah berupaya mendatangkan Lionel Messi pada akhir musim 2020/2021 silam. Kala itu, I Rossoneri berharap bisa memanfaatkan kegagalan Barcelona memperpanjang kontrak pengoleksi gelar Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah tersebut.

Blaugrana tidak diperkenankan melanjutkan negosiasi perpanjangan kontrak dengan Messi pada akhir musim 2020/2021. Pasalnya, Barcelona, yang telah dililit krisis keuangan, telah melanggar ambang batas gaji pemain yang telah ditetapkan oleh penyelenggara Liga Spanyol, La Liga.

Baca Juga

Messi, yang kontraknya bersama Barcelona berakhir pada Juni 2021, akhirnya resmi berstatus pemain tanpa klub. Sempat dikabarkan mendapatkan tawaran berbagai klub top Eropa, kapten sekaligus bintang Timnas Argentina itu akhirnya memilih untuk bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG) dengan status free transfer.

Maldini mengungkapkan, pada momen tersebut, I Rossoneri ikut menjadi salah satu klub yang berminat untuk memboyong Messi. Maldini, yang menjabat sebagai Direktur Teknik AC Milan pada 2019 hingga 2023 itu, mengakui membutuhkan waktu 10 hari buat manajemen Milan untuk berusaha membujuk Messi, yang hanya menghabiskan waktu dua musim di PSG sebelum akhirnya hijrah ke Inter Miami. 

Namun, Maldini akhirnya menyadari sulit untuk bisa memboyong pemain berjuluk La Pulga itu ke Stadion San Siro. Bek legendaris AC Milan itu pun sempat mengaku khawatir apabila nantinya Messi bergabung dengan rival sekota AC Milan, Inter Milan.

"Untuk sekarang mungkih sudah terlambat, tapi pemain seperti Messi begitu luar biasa untuk bisa disaksikan. Saat membaca kabar soal kemungkinan kepindahan Messi ke Inter Milan, saya sempat takut," kata Maldini seperti dikutip Football Italia, Kamis (23/11/2023).

Selama menjabat sebagai Direktur Teknik AC Milan pada 2019 hingga 2023, Maldini terbilang mampu menorehkan prestasi tersendiri. Sosok yang mendapat julukan Il Capitano saat masih merumput bersama I Rossoneri itu berhasil mendatangkan sejumlah pemain, yang nantinya bakal menjadi pemai kunci I Rossoneri.

Perekrutan sejumlah pemain, mulai Theo Hernandez, Rafael Leao, Mike Maignan, Fikayo Tomori, Sandro Tonalli, hingga Ismael Bennacer, tidak terlepas dari sentuhan Maldini. Tiga tahun setelah Maldini menjabag sebagai direktur teknik, AC Milan berhasil merengkuh Scudetto pada musim 2021/2022.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement