Jumat 24 Nov 2023 06:54 WIB

Preview Brasil Vs Argentina, Pertarungan Dua Kiblat Sepak Bola Indah di Piala Dunia U-17

Brasil akan saling jegal dengan Argentina di perempat final Piala Dunia U-17 di JIS.

Sejumlah pesepak bola Timnas Argentina berlatih dalam latihan resmi jelang pertandingan babak perempat final Piala Dunia U-17 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Timnas Argentina akan menghadapi Timnas Brasil pada Jumat (24/11) di Jakarta International Stadium (JIS).
Foto:

Faktanya, selama Piala Dunia U-17 2023, Argentina memang menjadi tim yang lebih mampu memanfaatkan sektor tengah ketimbang Brasil yang cenderung mengoptimalkan kemampuan kedua sayapnya.

Kecuali saat menghadapi Venezuela dalam babak 16 besar, Albiceleste Muda memanfaatkan sektor tengah hampir sama seringnya dengan sektor kiri dan kanannya. Semua itu membuat laga perempat final di antara mereka di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11/2023) malam ini, menjadi semakin menjanjikan keasyikan. Apalagi mereka tetap merepresentasikan dua gaya sepak bola yang selalu memukau dunia.

Seperti dalam pertandingan mereka pada Piala Amerika Selatan U-17 2023, baik Argentina maupun Brasil akan cenderung memasang formasi 4-5-1 atau 4-2-3-1. Selama turnamen FIFA U-17 di Indonesia ini, kedua tim hampir selalu memasang pola itu.

Menyangkut pemain-pemain yang harus diturunkan sebagai starter, Argentina mungkin menurunkan starting line-up sama dengan tim yang menggebuk Venezuela 5-0 dalam 16 besar, apalagi lawan yang mereka hadapi kali ini juga tim Amerika Selatan.

Pelatih Diego Placente kemungkinan memasangkan lagi Octavio Ontivero dengan Dylan Gorosito di kedua sayap pertahanan Albiceleste. Saat melawan Venezuela, Gorosito menjadi pemain yang paling sering menyalurkan bola.

Kedua bek sayap itu bakal mengapit duo bek tengah Juan Gimenez dan Tobias Palacio yang sejauh ini kokoh mengawal penjaga gawang Jeremias Florentin. Walau secara teori kelima gelandang terlihat berdiri paralel, Plancente yang mantan pemain Everton dan Bayer Leverkusen, akan memposisikan Valentino Acuna dan Mariano Gerez sebagai poros ganda.

Sebaliknya, Ian Subiare yang dalam laga terakhir, efektif menghubungkan lini pertahanan dan lini tengah, lebih bergerak di sayap kiri serangan. Santiago Lopez sendiri mengisi sayap sebaliknya dari sistem serangan Argentina.

Akan halnya Claudio Echeverri, gelandang ini akan berada di antara kedua winger untuk berperan striker kedua atau playmaker di belakang Agustin Ruberto.

Kedua pemain itu menjadi dua dari tiga pemain Argentina yang sudah mencetak minimal dua gol dalam Piala Dunia U-17 2023. Ruberto mencetak lima gol, sedangkan Echeverri mengoleksi dua gol, sama dengan Santiago Lopez.

Mereka siap mengoyak pertahanan Brasil yang kemungkinan kembali dipimpin duet Vitor Reis dan Da Mata, yang diapit bek kiri Joao Henrique dan bek kanan Pedro Lima.

Phillipe Gabriel tetap menjadi pilihan pelatih Diego Martinez untuk menjaga gawang Selecao muda. Martinez juga mungkin memasang lagi Giulherme Batista atau Matheus Ferreira, dan Sidney, di lini tengah sebagai poros permainan yang menopang tim kala menyerang dan saat harus mengambil posisi defensif.

Estevao mengisi sayap kanan serangan untuk terhubung dengan bek kanan Pedro Lima yang kerap menusuk jauh ke pertahanan lawan.

Sebaliknya...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement