Rabu 29 Nov 2023 06:11 WIB

Dortmund, Atletico, Lazio, dan Barcelona Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Simeone tandai laga Liga Champions ke-100 sebagai pelatih Atletico dengan kemenangan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borussia Dortmund, Atletico Madrid, Lazio, dan Barcelona telah memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Dortmund meraih kemenangan 3-1 atas AC Milan di San Siro, Rabu (29/11/2023), untuk memastikan kelolosan dari Grup F yang dijuluki sebagai grup maut.

Di grup yang sama, dengan satu pertandingan tersisa, Paris Saint-Germain (PSG) melewatkan kesempatan bergabung dengan Dortmund di babak 16 besar saat membutuhkan tendangan penalti Kylian Mbappe di menit ke-98 yang kontroversial untuk menyelamatkan hasil imbang 1-1 kontra Newcastle United di Parc des Princes.

Baca Juga

Atletico Madrid juga menang 3-1 dalam pertandingan tandang atas Feyenoord untuk tidak hanya mengamankan tempat di babak sistem gugur, namun juga memastikan Lazio lolos dari Grup E setelah mengalahkan Celtic 2-0 di hari sebelumnya.

Sementara itu, dikutip Sportsmole, Rabu (29/11/2023), Barcelona bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan FC Porto 2-1 di Estadi Olimpic Lluis Companys untuk memastikan finis di posisi dua besar di Grup H.

Pertandingan Dortmund di Milan dimulai dengan awal yang menarik dengan dua penalti yang diberikan dalam 10 menit pertama, dengan tingkat keberhasilan yang kontras saat Olivier Giroud gagal menendang penalti, sebelum Marco Reus mencetak gol untuk Dortmund tak lama kemudian.

Samuel Chukwueze menyamakan kedudukan untuk tuan rumah di akhir babak pertama, namun dua gol di babak kedua dari pemain berusia 19 tahun, Jamie Bynoe-Gittens dan Karim Adeyemi, membawa tim asal Bundesliga Jerman ini melaju ke babak 16 besar.

Ciro Immobile mencetak gol di menit ke-82 dan 85 untuk membawa Lazio menang 2-0 atas Celtic dalam salah satu pertandingan awal, yang secara resmi mengakhiri harapan Celtic untuk melaju ke babak sistem gugur.

Hasil tersebut juga berarti bahwa kemenangan Atletico akan memastikan tempat Lazio di babak 16 besar, dan sang raksasa La Liga Spanyol berhasil memenuhi harapan Lazio dengan kemenangan 3-1 di Rotterdam.

Atletico mendapat bantuan dengan dua gol bunuh diri untuk memastikan kemenangan, satu gol dari Lutsharel Geertruida dan satu lagi dari Santiago Gimenez, selain gol dari Mario Hermoso dan Mats Wieffer dari Feyenoord, saat Diego Simeone menandai laga Liga Champions ke-100 sebagai pelatih Atletico dengan kemenangan.

Tim asal ibu kota Spanyol ini akan bergabung di babak 16 besar bersama dengan klub asal Spanyol lainnya, Barcelona, dengan gol-gol dari Joao Cancelo dan Joao Felix yang membalikkan gol pembuka dari Pepe untuk Porto.

Di tempat lain, Manchester City bangkit dari ketertinggalan 0-2 di babak pertama untuk mengalahkan RB Leipzig 3-2 dan mengamankan posisi puncak di Grup G. Sementara Young Boys memastikan tempat ketiga dan satu tempat di Liga Europa dari grup tersebut berkat kemenangan 2-0 atas Red Star Belgrade.

Pada pertandingan sebelumnya, kekalahan Antwerp dari Shakhtar Donetsk berarti keduanya tidak dapat lagi menempati posisi ketiga dan oleh karena itu tidak akan bermain di Eropa pada Tahun Baru 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement