Kamis 30 Nov 2023 20:14 WIB

Ranking FIFA Terbaru; Inggris Tembus Tiga Besar, Kepulauan Komoro Paling Impresif

Indonesia turun satu peringkat di ranking FIFA.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Timnas Inggris (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Timnas Inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah merilis ranking tim-tim terbaik dunia berdasarkan hasil laga internasional pada November 2023. Selain keberhasilan Inggris menembus posisi tiga besar, rangking FIFA per 30 November 2023 juga diwarnai dengan torehan impresif Kepulauan Komoro.

Sebanyak 188 pertandingan internasional digelar pada November 2023. Selain lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, laga internasional pada sepanjang November 2023 juga diisi oleh lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024, UEFA Nations League 2023/2024, dan Pacific Games 2023. 

Baca Juga

''Hasil di laga-laga tersebut memiliki efek signifikan dalam ranking dunia FIFA, termasuk dengan adanya sejumlah perubahan di podium (tiga posisi teratas),'' tulis pernyataan di laman resmi FIFA, Rabu (30/11/2023).

Juara Piala Dunia 2022, Argentina, mempertahankan posisi di posisi teratas ranking FIFA dengan koleksi 1855,2 poin. Albiceleste dibayangi runner-up Piala Dunia 2022 sekaligus kampiun Piala Dunia 2018, Prancis, yang menempati peringkat kedua.

Namun, perubahan terjadi di peringkat ketiga. Inggris mampu menembus posisi tiga besar dan menempati peringkat ketiga, menggeser Brasil. Dengan begitu, The Three Lions mengumpulkan 1.800,05 poin. Untuk pertama kalinya sejak akhir tahun 2021, Inggris berhasil menembus tiga besar ranking FIFA. 

Bertengger di peringkat ketiga, tim besutan Gareth Southgate itu mengulangi rekor apik dengan menempati peringkat FIFA tertinggi di sepanjang sejarah The Three Lions. Sebelumnya, Inggris sempat menempati peringkat ketiga FIFA pada pertengahan 2021 silam.

Belgia berhasil naik satu peringkat dan menempati posisi keempat dengan raihan 1798 poin. Sedangkan Belanda dan Portugal bertukar posisi di peringkat keenam dan ketujuh. Belanda berhasil menggantikan Portugal di peringkat keenam.

Di posisi 10 besar, Brasil menjadi tim dengan penurunan peringkat paling besar. Tim Selecao turun dua peringkat dan melorot ke posisi kelima. Kondisi ini merupakan imbas dari dua kekalahan beruntun, tepatnya saat menyerah di tangan Kolombia dan Argentina, di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL.

Torehan paling impresif dalam ranking FIFA per November 2023 dicatatkan Kepulauan Komoro. Tim berjuluk Les Coelacantes itu menjadi tim dengan peningkatan posisi paling drastis. Tidak tanggung-tanggung, Kepulauan Komoro naik sembilan peringkat dan berhak menempati posisi ke-119 ranking FIFA teranyar.

"Kepulauan Komoro menikmati hasil ini usai meraih kemenangan atas Republik Afrika Tengah dan Ghana di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Afrika. Peringkat ke-119 merupakan posisi tertinggi yang pernah ditorehkan Kepulauan Komoros di sepanjang sejarah,'' tulis laporan AFP, Rabu (30/11/2023).

Selain itu, Kosovo juga berhasil memecahkan rekor dengan menempati posisi tertinggi di rangking FIFA sepanjang sejarah pembentukan tim nasional sepak bola negara pecahan Yugoslavia tersebut. Kosovo menempati peringkat ke-101 setelah naik empat peringkat di rangking FIFA November 2023.

Malaysia naik drastis, Indonesia...

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement