Jumat 01 Dec 2023 06:04 WIB

Taklukkan LASK 4-0, Liverpool Pastikan Tiket ke 16 Besar Liga Europa

Liverpool juga menjadi pemimpin klasemen Grup E dengan koleksi 12 poin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) dan rekan-rekannya merayakan gol di Liga Europa 2023/2024.
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) dan rekan-rekannya merayakan gol di Liga Europa 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool melaju ke babak sistem gugur Liga Europa 2023/2024 sebagai juara grup dengan kemenangan telak 4-0 atas LASK Linz pada Jumat (1/12/2023) dini hari WIB. Setelah kekalahan dari Toulouse sebelum jeda internasional menimbulkan kekhawatiran, gol-gol awal dari Luis Diaz dan Cody Gakpo membawa the Reds kembali ke jalur positif.

Dengan hasil imbang 0-0 antara Toulouse melawan Union SG di hari yang sama, klub raksasa Anfield sadar tidak dapat disusul pada pertandingan terakhir. Liverpool menjadi pemimpin klasemen Grup E dengan koleksi 12 poin. Sementara pesaing terdekat, Toulouse, punya delapan poin dengan masing-masing memiliki satu pertandingan tersisa.

Baca Juga

Dalam pertandingan melawan LASK, pasukan Juergen Klopp bermain terlalu terbuka saat sudah unggul lebih dulu, beruntung LASK tidak memiliki kualitas apa pun di sepertiga akhir lapangan. Ketika berhasil meregangkan lini belakang Liverpool, LASK terlalu sering melakukan kesalahan.

Striker Liverpool Mohamed Salah, yang tampak putus asa untuk mencetak gol, akhirnya mencetak gol melalui penalti di babak kedua. Penalti itu didapatkan setelah Gakpo berusaha bermanuver untuk mengalahkan kiper LASK Tobias Lawal namun dijatuhkan di area terlarang, Salah kemudian mengambil tindakan dan mencetak satu gol dari titik putih. Hal ini membuat pemain asal Mesir itu sudah mencetak 199 gol untuk klub.

Gakpo menambahkan gol keempat di pengujung pertandingan, menyelesaikannya dengan tegas setelah mendapat umpan brilian dari Trent Alexander-Arnold. Dengan cederanya Diogo Jota, pemain asal Belanda itu mengingatkan kualitasnya menjelang jadwal pertandingan yang padat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement