Selasa 05 Dec 2023 08:49 WIB

Jude Bellingham Resmi Raih Penghargaan Golden Boy 2023

Bellingham diumumkan sebagai pemenang tahun 2023 pada bulan November.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham, dinobatkan sebagai peraih penghargaan Golden Boy tahun 2023.
Foto: EPA-EFE/ROMAN RIOS
Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham, dinobatkan sebagai peraih penghargaan Golden Boy tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Real Madrid dan pemain internasional Inggris, Jude Bellingham, resmi dinobatkan sebagai peraih penghargaan Golden Boy tahun 2023. Hadiah tahunan ini secara luas dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di sepak bola Eropa untuk pemain berusia di bawah 21 tahun.

Bellingham diumumkan sebagai pemenang tahun 2023 pada bulan November, tetapi secara resmi dianugerahi penghargaan tersebut pada sebuah upacara di Turin pada Senin (4/12/2023) malam waktu setempat.

Baca Juga

Pemain sensasional kelahiran Birmingham ini sudah tidak asing lagi dengan komite Golden Boy, karena ia sebelumnya masuk dalam daftar nominasi pada tahun 2021 dan 2022, namun kalah dari gelandang Barcelona Pedri dan Gavi pada kedua tahun tersebut.

Namun, pada tahun kalender 2023, hanya sedikit yang bisa membantah kemenangan Bellingham setelah tahun yang sensasional, yang membuatnya menyelesaikan kepindahan 103 juta euro ke Real Madrid di jendela transfer musim panas.

Sebelumnya, Bellingham pernah menghabiskan tiga musim bersama Borussia Dortmund, dan hampir membantu memimpin tim meraih gelar Bundesliga Jerman pertama dalam satu dekade, namun akhirnya kalah telak dari Bayern Muenchen di menit-menit akhir musim 2022/2023.

Namun, pada paruh kedua tahun 2023, saham Bellingham naik lebih tinggi lagi. Pemain berusia 20 tahun ini telah mencetak 11 gol dari 13 penampilan pertamanya di La Liga Spanyol, ditambah empat dari empat penampilan di Liga Champions sehingga total golnya menjadi 15 dari 17 pertandingan.

Legenda Madrid, Cristiano Ronaldo dan Alfredo De Stefano, belum mencetak gol sebanyak Bellingham dalam 15 pertandingan pertama untuk Los Blancos.

Bellingham dan Madrid saat ini duduk di puncak klasemen La Liga setelah 15 pertandingan, hanya kalah sekali sepanjang musim. Madrid juga punya rekor sempurna dari lima laga pertama fase grup Liga Champions, termasuk dua gol atas Napoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement