Sabtu 18 Nov 2023 16:33 WIB

Raih Trofi Golden Boy, Bellingham Bahas Petualangan di Birmingham, Dortmund, Hingga Madrid

Ke depan, Jude Bellingham ingin mendorong hingga batas potensinya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham.
Foto: EPA-EFE/ZIPI ARAGON
Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham, bereaksi setelah memenangkan penghargaan Golden Boy 2023. Penghargaan ini khusus untuk pemain berusia di bawah 20 tahun.

Bellingham mengalahkan dua pesaing terdekatnya. Pertama Jamal Musiala asal Bayern Muenchen. Berikutnya, wonderkid Red Bull Leipzig, Xavi Simons.

Baca Juga

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan saya sejauh ini, di Birmingham, Dortmund, dan sekarang di Madrid. Ini tidak akan terjadi, tanpa mereka," kata pesepak bola berkebangsaan Inggris itu, dikutip dari Reuters.com, Sabtu (18/11/2023).

Ia juga menyinggung keluarganya. Itu merupakan bagian terpenting. Pihak terdekat yang selalu mendukungnya.

Perjalanan Bellingham masih panjang. Sang gelandang sudah menorehkan tinta emas di usia belia. Jelas, ia enggan berpuas diri.

"Saya ingin mendorong hingga batas potensi saya, dan semoga lebih banyak trofi lagi yang akan datang," ujar produk akademi Birmingham City ini.

Usia Bellingham baru menyentuh angka 20. Namun ia sudah kenyang pengalaman. Setelah keluar dari Inggris ia menuju Borussia Dortmund. Selama di Jerman, sang wonderkid konsisten menunjukkan performa positif.

Lalu pada musim panas 2023, sosok kelahiran Stourbridge berlabuh di Real Madrid. Tak butuh waktu lama bagi Bellingham untuk beradaptasi di El Real. Ia kini mencetak 13 gol dari 14 pertandingan bersama Los Blacos.

Berbagai fakta demikian membuat yang bersangkutan pantas menerima Golden Boy Award. Ini merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan surat kabar Italia Tuttosport setiap tahun. Sejumlah bintang sepak bola dunia seperti Lionel Messi dan Wayne Rooney pernah mendapatkan trofi serupa.

Belingham sangat mendominasi persentase perolehan suara kali ini. Para pemilik suara yakni, pihak-pihak yang mewakili surat kabar olahraga ternama di Eropa termasuk L’Equipe, France Football, The Times, AS, Marca, Mundo Deportivo, Bild, A Bola, dan Kicker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement