Selasa 05 Dec 2023 12:43 WIB

Arteta Sebut Sosok Pemain Spesial Jelang Laga Arsenal Vs Luton Town

Saka akan melakoni total 200 penampilan bersama tim utama Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang muda Arsenal, Bukayo Saka.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Penyerang muda Arsenal, Bukayo Saka.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal bakal melakoni laga ke-15 di pentas Liga Primer Inggris musim ini saat melawat ke markas Luton Town, Rabu (6/12/2023) dini hari WIB. Laga di Stadion Kenilworth Road itu juga dapat menjadi laga yang spesial buat winger the Gunners, Bukayo Saka.

Apabila diturunkan di laga ini, Saka akan melakoni total 200 penampilan bersama tim utama the Gunners. Winger berusia 22 tahun itu pun berpotensi menjadi pemain termuda yang telah mengemas 200 penampilan bersama Arsenal sejak Cesc Fabregas pada 2008 silam.

Baca Juga

Tidak hanya itu, Saka juga berpotensi menjadi pemain asal Inggris termuda kedua yang telah mengemas 200 laga di semua ajang bersama The Gunners berada di bawah Cliff Bastin. Dari 199 penampilan bersama Arsenal, Saka tercatat sudah mengemas 46 gol dan 51 assist di semua ajang.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui, sejak dipromosikan dari tim junior Arsenal sejak 2018 silam, Saka terbukti mampu memberikan kontribusi positif buat the Gunners. Konsistensi performa dan kemampuan untuk bisa diandalkan dalam membongkar pertahanan via kecepatan serta kemampuan teknik menjadi salah satu keunggulan Saka.

''Semua pihak di akademi (Arsenal), yang telah bekerja dengannya dalam beberapa tahun terakhir, layak mendapatkan kredit atas apa yang ditunjukkan Bukayo saat ini. Dia adalah pemain spesial. Saya harap, dia akan terus bersama kami hingga bertahun-tahun mendatang,'' ujar Arteta seperti dikutip Sports Mole, Selasa (5/12/2023).

Pemain jebolan akademi Arsenal, Hale End Akademi, itu memang menjelma menjadi salah satu pilar utama The Gunners di lini serang. Saka pun mampu menjaga konsistensi performa, terutama dalam sumbangan gol dan assist. Saka mengakhiri kompetisi 15 gol dan 11 assist dari 48 penampilan di semua ajang pada musim lalu.

Pada musim ini, Saka juga berada dalam trek untuk bisa mengulangi torehan tersebut. Telah merumput di 20 laga di semua ajang, Saka sudah mengemas delapan gol dan 11 assist. Teranyar, Saka menyumbang satu gol saat Arsenal membungkam Wolverhampton Wanderers, 2-1, akhir pekan lalu.

Terlepas dari tren positif performa tersebut, Arteta menilai, Saka masih memiliki potensi untuk bisa mengembangkan kemampuannya. Selain ditunjang dengan talenta yang telah dimilikinya, Saka juga mendapatkan dukungan dari rekan setim dan klub untuk bisa terus mengembangkan kemampuan.

''Dia tidak memiliki batas (untuk terus meningkatkan kemampuan). Dia terus menginginkan hal yang lebih, begitu juga orang di sekitarnya. Rekan setimnya semakin paham dengan gaya permainannya. Begitu juga dengan dorongan dari tim pelatih. Hal ini menjadi kondisi yang tepat buat dia untuk terus tumbuh,'' kata Arteta.

Kendati begitu, Saka bukan tanpa ancaman dalam usaha untuk bisa terus berkembang. Ancaman itu datang dari potensi cedera lantaran terus mendapatkan tekel dari para pemain lawan. Saka tercatat menjadi salah satu pemain yang paling sering mendapatkan tekel di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Hingga pekan ke-14 Liga Primer Inggris musim ini, Saka telah 27 kali mendapatkan tekel dari pemain lawan. Dengan catatan ini, Saka menempati pemain keenam dalam daftar pemain yang paling sering dilanggar di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement