Selasa 05 Dec 2023 16:01 WIB

Liga Inggris Pecahkan Rekor Hak Siar Pertandingan Sepak Bola di Dunia

Ini pertama kalinya Liga Inggris melalui proses tender hak siarnya sejak 2018.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Primer Inggris.
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris telah menyetujui kesepakatan televisi domestik senilai 6,7 miliar pounds yang memecahkan rekor baru bagi Sky dan TNT untuk menayangkan hingga 270 pertandingan langsung dalam satu musim. Kesepakatan itu juga mencakup BBC yang terus menayangkan highlight sepak bola Liga Inggris pada Match of the Day.

Liga papan atas mengatakan kesepakatan, yang mencakup empat tahun dari musim 2025 hingga 2026, adalah kesepakatan hak media olahraga terbesar yang pernah dicapai di Inggris.

Baca Juga

Pemadaman listrik pada hari Sabtu pukul 15.00 akan tetap berlaku, tetapi setiap kick-off pada Ahad pukul 14.00 akan disiarkan di televisi.

Kesepakatan BBC mencakup MOTD2 dan Football Focus ditambah hak digital tambahan untuk platform daringnya.

Dilansir BBC Sport, Selasa (5/12/2023) Sky telah dianugerahi empat dari lima paket dan akan menampilkan minimal 215 pertandingan dalam satu musim termasuk kick-off hari Sabtu pukul 17.30, kick-off, Ahad pukul 14.00 dan 16.30, ditambah pertandingan malam pada hari Senin dan Jumat, serta tiga putaran tengah pekan.

Sedangkan TNT akan menayangkan minimal 52 pertandingan dalam satu musim termasuk semua kick-off pukul 12.30 pada hari Sabtu dan dua putaran pertandingan tengah pekan.

Sky Sports pun mendapat hak siar dalam 10 pertandingan pada hari terakhir setiap musim Liga Primer Inggris.

Amazon, yang menayangkan 20 pertandingan per musim berdasarkan kesepakatan liga saat ini, belum mendapatkan hak dalam perjanjian baru tersebut.

Ini merupakan pertama kalinya Liga Inggris melalui proses tender hak siarnya sejak 2018 lalu.

Kesepakatan hak siar televisi domestik senilai 5 miliar pounds saat ini, berlaku selama tiga musim dan berakhir pada akhir 2024/2025, diizinkan untuk diperpanjang karena pandemi Covid-19.

Di sisi lain Ketua Eksekutif Liga Premier Richard Masters mengatakan, perjanjian baru, yang satu tahun lebih lama, merupakan kenaikan nilai hak hidup sebesar 4 persen dibandingkan dengan perjanjian sebelumnya dan akan memberikan kepastian finansial bagi klub-klub profesional hingga setidaknya tahun 2029.

"Hasil dari proses ini menggarisbawahi kekuatan Liga Primer dan merupakan bukti bagi klub, pemain, manajer kami yang terus menghadirkan sepak bola paling kompetitif di dunia, dan kepada para suporter, yang menciptakan atmosfer tak tertandingi setiap pekannya," kata Richard Masters.

Di sisi lain, Sky akan menampilkan hingga 100 pertandingan lagi dalam satu musim, dan kepala eksekutifnya Dana Strong mengatakan, perusahaan bangga dengan sejarah panjang bersama Liga Primer Inggris. "Kami berharap dapat memberikan lebih banyak keterlibatan, hiburan, dan inovasi hingga akhir dekade ini."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement