Selasa 21 Nov 2023 17:12 WIB

Rio Ferdinand Siap Tagih Medali Juara Liga Primer Inggris Milik Lescott

Man City dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran aturan Financial Fair Play.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Rio Ferdinand
Foto: EPA/ROBERT GHEMENT
Rio Ferdinand

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan bek tengah sekaligus kapten Manchester United (MU) Rio Ferdinand, tidak akan ragu meminta medali juara Liga Primer Inggris milik eks bek tengah Manchester City, Joleon Lescott. Ferdinand bahkan meminta Lescott untuk datang sendiri ke kediamannya untuk memberikan medali tersebut.

Tentu saja, permintaan medali kemenangan Liga Primer Inggris ini bukan tanpa sebab. Ferdinand akan meminta medali kemenangan milik mantan rekan setimnya di Timnas Inggris itu apabila Manchester City mendapatkan sanksi dari otoritas penyelenggara Liga Primer Inggris, Premier League, terkait dugaan pelanggaran Financial Fair Play.

Baca Juga

Pada Februari 2023 silam, City didakwa melakukan setidaknya 115 pelanggaran terkait ketentuan Financial Fair Play di pentas Liga Primer Inggris. Dugaan pelanggaran itu dilakukan dalam rentang waktu antara musim 2009/2010 hingga 2017/2018. Premier League pun tengah menanti hasil investigasi lanjutan yang tengah dilakukan Komisi Independen.

Sorotan terhadap kasus yang membelit klub milik taipan asal Abu Dhabi itu mencuat setelah Premier League menjatuhkan sanksi pengurangan 10 poin untuk Everton, pekan lalu. Sanksi ini terkait dengan pelanggaran pengaturan finansial yang dilakukan oleh klub asal Merseyside tersebut.

Potensi sanksi serupa pun menanti City. Bahkan, juara bertahan Liga Primer Inggris itu disebut-sebut terancam berbagai sanksi berat. Sanksi tersebut  mulai dari dilarang tampil di Liga Primer Inggris untuk kurun waktu tertentu hingga pencoretan raihan gelar juara Liga Primer Inggris yang diraih City selama kurun waktu pelanggaran finansial tersebut.

"Apabila terjadi sesuatu dengan City, dan mereka mendapatkan sanksi, saya akan menelpon Joleon (Lescott). Saya akan berkata,'Saya menginginkan medali kemenangan itu dan diantar langsung ke rumah saya. Kemudian, saya akan mengenakan medali itu'," tutur Ferdinand seperti dikutip Mirror, Senin (21/11/2023).

Bek tengah United dalam kurun waktu 2002 hingga 2014 itu merujuk pada keberhasilan City menjuarai Liga Primer Inggris musim 2011/2012. Saat itu, City mengalahkan United dengan begitu dramatis dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. Sempat tertinggal 1-2 dari Queen Park Rangers pada laga pamungkas, City mampu berbalik unggul dan menutup laga dengan kemenangan 3-2. 

Gol kemenangan City di laga tersebut dicetak oleh penyerang asal Argentina, Sergio Aguero. Meski memiliki poin yang sama dengan United, 89 angka dari 38 laga, City berhak merengkuh titel Liga Primer Inggris musim 2011/2012 lantaran unggul jumlah selisih gol. 

Itu sekaligus menjadi gelar Liga Primer Inggris pertama The Citizens. Lescott menjadi salah satu penggawa The Citizens, yang saat itu masih ditukangi Roberto Mancini. "Tentunya, momen Sergio Aguero itu menjadi tidak relevan lagi. Jadi, Joleon pastikan Anda membawa medali itu ke rumah saya," kata Ferdinand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement