Rabu 06 Dec 2023 11:40 WIB

Resmi Jadi WNI, Justin Hubner Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Kehadiran Justin Hubner diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Proses pengambilan sumpah calon pemain timnas Indonesia, Justin Hubner, sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi.
Proses pengambilan sumpah calon pemain timnas Indonesia, Justin Hubner, sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan, Justin Hubner, telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah menjalani proses pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023). Dengan mengenakan setelan jas, celana, serta kopiah berwarna hitam, Justin merampungkan rangkaian pengambilan sumpahnya.

Pemain kelahiran Belanda, 14 September 2003, itu rela mengambil sumpah sebagai WNI demi bisa membela timnas Indonesia. Bek klub Liga Primer Inggris, Wolverhampton Wanderers, itu diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga

Adapun ajang terdekat yang akan dilakoni timnas Indonesia adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024. Kehadiran Hubner diharapkan bisa memperkuat timnas asuhan Shin Tae-yong di turnamen tersebut. Skuad Garuda bakal berhadapan dengan Jepang, Irak, dan Vietnam yang tergabung dalam Grup D.

Selain itu, untuk timnas U-23 akan berlaga di Piala Asia U-23 pada April 2024 tahun depan. Dengan umur Hubner yang masih menginjak 20 tahun, maka pemain berpostur 187 cm itu dapat masuk menuju dua kategori timnas Indonesia tersebut.

Bek Wolves U-21 tersebut dapat menempati posisi bek tengah, menemani Elkan Baggott, Jordi Amat, hingga Rizky Ridho. Selain Hubner, PSSI saat ini juga tengah mengupayakan proses naturalisasi dua pemain lain, yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Adapun proses naturalisasi kedua pemain tersebut sudah disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI setelah mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo) pada Senin (4/12/2023) yang juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji.

Kehadiran Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Jay Idzes adalah bek tengah dan berpengalaman bermain di Liga Eropa dan saat ini bermain di Serie B Liga Italia bersama tim Venezia.

Sedangkan Nathan Tjoe-A-On adalah bek kiri dan tengah, berpengalaman bermain di Liga Eropa. Kini ia merumput di Liga Inggris EFL Championship bersama klub Swansea City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement