Kamis 07 Dec 2023 06:24 WIB

Asosiasi Sepak Bola Qatar Pecat Queiroz dan Gantikan dengan Lopez

Queiroz diangkat ke menjadi pelatih timnas Qatar pada Februari tahun lalu.

Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) mengumumkan telah mengakhiri kontrak pelatih tim nasional, Carlos Queiroz, Rabu (6/12/2023).
Foto: AP/Ashley Landis
Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) mengumumkan telah mengakhiri kontrak pelatih tim nasional, Carlos Queiroz, Rabu (6/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) mengumumkan telah mengakhiri kontrak pelatih tim nasional, Carlos Queiroz, Rabu (6/12/2023). QFA menggantinya dengan Marquez Lopez tanpa memberikan penjelasan mengenai alasan di balik keputusan tersebut.

Dalam serangkaian pernyataan dikenal sebagai Twitter, QFA mengumumkan telah memutus hubungan dengan Queiroz, sebelum dengan cepat mengumumkan penunjukkan penggantinya.

Baca Juga

"Periode Carlos Queiroz sebagai pelatih tim nasional Qatar berakhir secara baik melalui kesepakatan bersama antara kedua belah pihak," kata QFA.

Dalam kesempatan itu QFA juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada pelatih asal Portugal itu atas dedikasi, kepemimpinan, dan kontribusinya selama masa jabatannya.

Queiroz diangkat ke menjadi pelatih timnas Qatar pada Februari tahun lalu. Ia diikat kontrak empat tahun dengan target lolos ke Piala Dunia 2026.

Penunjukan Queiroz dilakukan QFA menyusul performa mengecewakan Qatar pada Piala Dunia 2022 ketika menjadi tuan rumah. Saat itu Qatar menelan tiga kekalahan dalam tiga pertandingan di fase grup saat masih dilatih Felix Sanchez.

Queiroz yang merupakan mantan pelatih Real Madrid dan timnas Portugal itu, telah membawa Qatar meraih dua kemenangan dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. Qatar menang 3-0 atas India serta menang besar 8-1 atas Afghanistan.

Setelah kemenangan atas Afghanistan, Queiroz menulis di Instagram bahwa performa timnya "kompeten, serius, dan ambisius".

"Berikutnya? Kami ingin melakukan lebih banyak dan lebih baik lagi. Kami ingin berlatih dan lebih siap. Sekarang kami memulai pemusatan prapersiapan kami untuk Piala Asia," jelas Queiroz.

Secara keseluruhan, selama lebih dari 12 pertandingan bersama Qatar, catatan Queiroz adalah lima kemenangan, dua imbang, dan lima kekalahan.

QFA menyatakan bahwa Marquez Lopez, yang sebelumnya melatih tim Al Wakrah di Liga Qatar, akan memimpin negara Teluk itu ke Piala Asia yang akan berlangsung Januari 2024 mendatang.

"Pelatih akan bertanggung jawab atas tim nasional Qatar di Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Qatar," kata QFA dalam sebuah pernyataan. "Asosiasi Sepak Bola Qatar mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Al Wakrah Sports Club atas kerjasama dan persetujuan mereka dalam memfasilitasi penunjukan pelatih Marquez Lopez."

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement