Kamis 07 Dec 2023 14:01 WIB

Liverpool Bawa Pulang Poin Penuh dari Markas Sheffield, Klopp Masih Belum Puas

Liverpool tak bisa ambil risiko terlalu besar dengan keunggulan hanya satu gol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Liverpool mencuri tiga angka dalam lawatan ke markas Sheffield United pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris, Kamis (7/12/2023) dini hari WIB. Dua gol yang masing-masing dicetak Virgil van Dijk dan Dominik Szoboslai mengantarkan The Reds membungkam tim tuan rumah, 2-0, dalam laga di Stadion Bramall Lane tersebut.

Van Dijk sukses menanduk bola hasil umpan lambung Trent Alexander-Arnold pada menit ke-37. Mampu terus mempertahankan keunggulan, The Reds akhirnya menyudahi perlawanan The Blades dengan torehan gol Szoboslai pada masa injury time babak kedua. Szoboslai berhasil melepaskan sepakan keras usai menerima umpan dari Darwin Nunez.

Baca Juga

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memuji kematangan permainan dan kegigihan anak-anak asuhnya di laga ini. Aspek itu menjadi faktor utama keberhasilan The Reds memetik poin penuh di laga ini. Terlebih, Liverpool tampil di markas Sheffield United, yang dikenal angker buat tim tamu.

Namun, jeda yang begitu panjang antara gol pertama dan gol kedua Liverpool di laga ini menjadi catatan tersendiri buat Klopp. Liverpool, ujar pelatih asal Jerman itu, tidak bisa mengambil risiko terlalu besar dengan hanya mengandalkan keunggulan satu gol.

''Saya tahu, kami bisa tampil jauh lebih baik. Dengan padatnya jadwal pertandingan, hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun, akan lebih baik apabila kami bisa mencetak gol kedua jauh lebih cepat. Tidak ada laga yang memiliki risiko lebih besar saat Anda hanya unggul satu gol. Semua momen bisa menjadi sulit,'' kata Klopp seperti dilansir Sky Sports, Kamis (7/12/2023).

Kemenangan ini harus dibayar mahal oleh Liverpool dengan cederanya Aleix MacAllister. Gelandang asal Argentina itu terpaksa ditarik keluar pada menit ke-59 usai mengalami cedera lutut. Masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan tim medis Liverpool, Klopp berharap, MacAlister bisa segera pulih dan tidak menambah panjang daftar pemain The Reds yang masuk ke ruang perawatan.

Joel Matip menjadi pemain teranyar yang harus menepi lantaran mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lututnya. Kondisi bek tengah asal Kamerun itu pun sudah dipastikan oleh Klopp.

Matip mengalami cedera saat Liverpool meraih kemenangan dramatis, 4-3, atas Fulham, akhir pekan lalu. ''Dia mengalami cedera robek ACL. Sayangnya, hal ini sesuai dengan perkiraan awal kami. Cedera ini sangat disayangkan,'' kata Klopp.

Dengan cedera tersebut, Matip terancam absen hingga akhir musim ini. Kiprah eks bek tengah Schalke 04 itu pun bersama Liverpool pun berpotensi berakhir lantaran kontraknya bersama The Reds bakal habis pada akhir musim ini.

Matip menjadi pemain keenam yang menghuni ruang perawatan Liverpool. Sebelumnya, The Reds sudah kehilangan Andrew Robertson, Diogo Jota, Allison Becker, Thiago Alcantara, dan Stefan Bajcetic.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement