Jumat 08 Dec 2023 20:01 WIB
...

Deretan Pesepak Bola Muslim Prancis yang Rengkuh Juara Piala Dunia

Salah satu negara yang banyak melahirkan pesepak bola Muslim hebat adalah Prancis.

Rep: Muhyiddin/ Red: Endro Yuwanto
 Mantan pemain sepak bola Muslim asal Prancis, Zinedine Zidane.
Foto: EPA-EFE/Mohammed Badra
Mantan pemain sepak bola Muslim asal Prancis, Zinedine Zidane.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia sepak bola saat ini memang masih banyak didominasi oleh para pemain non-Muslim. Namun, tidak sedikit juga pemain sepak bola Muslim yang menjadi pemain terkenal, dan bahkan bisa tampil di Piala Dunia.

Salah satu negara yang banyak melahirkan pesepak bola Muslim hebat adalah Prancis, seperti Zinedine Zidane, Paul Pogba, dan lain-lain. Di antara mereka bahkan pernah membawa tim nasional (timnas) Prancis menjadi juara Piala Dunia.

Baca Juga

Pada Piala Dunia 2018 lalu, setidaknya ada tujuh pemain Muslim yang membela timnas Prancis dan semuanya adalah imigran. Mereka adalah Paul Pogba, Ousmane Dembele, N'Golo Kante, Adil Rami, Djibril Sidibe, Benjamin Mendy, dan Nabil Fekir.

Berikut deretan pemain sepak bola Muslim Prancis yang pernah juara Piala Dunia:

1. Zinedine Zidane

Nama lengkapnya adalah Zinedine Yazid Zidane. Dia lahir pada 23 Juni 1972 di Marseille, Prancis. Pemain Muslim keturunan Aljazair ini pernah terpilih sebagai salah satu penggawa timnas Prancis.

Zizou, panggilan akrabnya, adalah seorang pesepak bola Prancis yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia memulai karier sebagai pemain di klub AS Cannes, dan kemudian di Bordeaux, Juventus, dan terakhir Real Madrid.

Zizou pensiun dari sepak bola klub pada 2006 dan pensiun dari timnas sepak bola Prancis setelah Piala Dunia 2006. Ia juga sempat memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia saat ditransfer dari Juventus ke Real Madrid pada musim 2001-2002 dengan nilai 46 juta poundsterling.

Dalam merintis karier sebagai pesepak bola kelas dunia, Zidane telah mengenyam banyak prestasi, di antaranya dua gelar Serie A Liga Italia bersama Juventus, satu gelar Liga Champions Eropa dan satu gelar La Liga Spanyol bersama Real Madrid. Zidane juga sukses mengantar Prancis menjadi juara dunia Piala Dunia 1998 dan juara Piala Eropa 2000.

2. Paul Pogba

Pesepak bola Muslim yang satu ini memiliki nama lengkap Paul Labile Pogba. Pogba, panggilan populernya, lahir di Lagny-sur-Marne, Prancis pada 15 Maret 1993.

Pogba adalah pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai gelandang tengah. Ia juga dapat ditempatkan sebagai pemain sayap kiri, gelandang serang, gelandang bertahan, dan playmaker.

Selama kariernya, ia pernah membela klub-klub besar di Eropa, seperti Juventus dan Manchester United. Bersama Juventus, Pogba mempersembahkan delapan gelar, termasuk empat titel juara Serie A. Sedangkan bersama Manchester United, ia hanya mampu meraih Europa League pada musim 2016-2017 dan dua kali juara Piala Liga pada 2010 dan 2017.

Paul Pogba pernah membawa timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Di timnas Prancis, Pogba tercatat tampil dalam 91 pertandingan dan menghasilkan 11 gol dan 9 assist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement