Jumat 08 Dec 2023 20:01 WIB
...

Deretan Pesepak Bola Muslim Prancis yang Rengkuh Juara Piala Dunia

Salah satu negara yang banyak melahirkan pesepak bola Muslim hebat adalah Prancis.

Rep: Muhyiddin/ Red: Endro Yuwanto
 Mantan pemain sepak bola Muslim asal Prancis, Zinedine Zidane.
Foto:

3. Ousmane Dembele

Bersama Paul Pogba, Ousmane Dembele juga pernah menjuarai Piala Dunia bersama Prancis di Moskow pada 2018 lalu. Dembele juga seorang Muslim. Di timnas Prancis, ia bermain sebagai penyerang sayap dan playmaker.

Ousmane Dembele lahir di Vernon, Prancis pada 15 Mei 1997. Ibu Dembele berasal dari Mauritania keturunan Senegal, sedangkan ayahnya berasal dari Mali.

Dembele memulai karier senior di Rennes (2014-2016). Pada 2016, ia kemudian menandatangi kontrak dengan klub Jerman, Borussia Dortmund. Setahun kemudian ia pindah ke Barcelona. Setelah bermain untuk Barcelona, Dembele kini hijrah ke klub elite Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

4. N’golo Kante

N’golo Kante juga merupakan seorang pemain sepak bola mMslim dan dikenal sebagai pemain yang sangat murah hati dan tidak memiliki haters. Ia juga berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2028 bersama Pogba dan Dembele.

N’golo Kante lahir di Paris, Parancis pada 29 Maret 1991. Ia adalah salah satu penggawa timnas Prancis yang bermain pada posisi gelandang tengah. Di level klub, Kante kini bermain untuk klub Liga Profesional Saudi, Al-Ittihad.

Kante memulai karier juniornya di klub Boulogne. Ia sempat pindah ke Caen dan Leicester City sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2016. Setelah tujuh tahun membela Chelsea, Kante bermain di Arab Saudi.

5. Adil Rami

Adil Rami adalah seorang pesepak bola Muslim yang juga masuk dalam skuad timnas Prancis. Pada 2018 lalu, Adil Rami berhasil menjuarai Piala Dunia setelah Prancis berhasil menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 di babak final.

Adil Rami lahir di Bastia, Korsika, Prancis pada 27 Desember 1985. Ia adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Prancis keturunan Maroko yang bermain pada posisi bek.

Dalam kariernya di level klub, Adil Rami pernah bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, Lille. Di klub itu ia dijuluki "Shrek" oleh rekan tim dan pendukungnya. Sejak 2011, Adil Rami kemudian bergabung dengan klub Valencia di Spanyol.

6. Djibril Sidibe

Djibril Sidibe termasuk pemain sepak bola Muslim yang pernah membawa Prancis menjuarai Piala Dunia. Dia adalah salah satu dari tujuh pemain Muslim yang masuk skuad Ayam Jantan pada Piala Dunia 2018.

Djibril Sidibe lahir di Troyes, Prancis pada 29 Juli 1992. Meskipun berkewarganegaraan Prancis, Sidibe keturunan Mali, Afrika. Ia kini bermain sebagai bek untuk klub Liga Super Yunani AEK Athens. Selain bermain sebagai bek sayap, ia juga bisa dimanfaatkan di lini tengah.

Di level klub, Sidibe pernah memperkuat klub Prancis, Lille. Pada 2016, dia kemudian bergabung dengan Monaco dengan kontrak berdurasi lima tahun. Pada 2019, ia bergabung dengan klub Liga Primer Inggris, Everton dengan status pinjaman. Setelah itu, baru ia pindah ke AEK Athena sampai sekarang.

7. Benjamin Mendy

Benjamin Mendy lahir di Longjumeau, Prancis, 17 Juli 1994. Ia adalah pesepak bola Muslim yang kini bermain sebagai bek kiri di FC Lorient. Sebelumnya, Mendy bermain di klub Olympique de Marseille, AS Monaco, dan Manchester City.

Mendy juga termasuk pemain sepak bola Muslim Prancis yang telah mewakili negaranya di tingkat U-16 dan U-17. Ia dipanggil ke skuad Prancis untuk pertama kalinya saat menghadapi Luksemburg dan Spanyol pada 2017.

Mendy melakukan debut pada 25 Maret 2017, bermain penuh dengan skor menang tandang 3-1 2018 di kualifikasi Piala Dunia FIFA. Mendy pun terpilih masuk skuad Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

8. Nabil Fekir

Nabil Fekir adalah pesepak bola Muslim Prancis yang kini bermain sebagai gelandang serang untuk klub La Liga Spanyol, Real Betis. Nabil Fekir lahir di Lyon, Prancis pada 18 Juli 1993.

Lulus dari akademi Lyon, ia dipromosikan ke skuad senior pada Juli 2013. Fekir menjadi pemain reguler tim utama di musim keduanya, ketika ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Ligue 1 Prancis. Pada 2019, Nabil Fekir lalu pindah ke Real Betis sampai sekarang.

Fekir melakukan debutnya untuk Prancis pada Maret 2015. Dia pun terpilih dalam skuad timnas Prancis saat memenangkan Piala Dunia FIFA 2018 di Moskow.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement