Jumat 08 Dec 2023 22:20 WIB

Piala Dunia 2034 Arab Saudi Dimainkan pada Musim Panas, Berapa Suhunya?

Piala Dunia Qatar diselenggarakan pada musim dingin tahun lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo berlari dengan bola pada pertandingan sepak bola Piala Super Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Nassr di Riyadh, Arab Saudi,  Jumat (27/1/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/STR
Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo berlari dengan bola pada pertandingan sepak bola Piala Super Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (27/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia 2034 dapat dimainkan di tengah teriknya musim panas di Arab Saudi. Arab Saudi akan menjadi tuan rumah turnamen ini dalam 11 tahun setelah FIFA mengubah peraturannya untuk membuka jalan bagi turnamen kontroversial lainnya di Timur Tengah. 

Turnamen ini akan menjadi pusat dari dorongan besar Arab Saudi ke dalam sektor olahraga dunia. Pemerintah mengeluarkan uang besar-besaran untuk Liga Pro Saudi dan LIV Golf serta menjadi tuan rumah acara F1 dan tinju.

Baca Juga

Piala Dunia Qatar diselenggarakan pada musim dingin tahun lalu setelah rencana awal untuk menjadi tuan rumah putaran final selama musim panas di stadion ber-AC dan tertutup ditolak. Musim Liga Pro Saudi berlangsung dari Agustus hingga Mei untuk menghindari puncak musim panas, ketika suhu secara rutin mencapai 40 derajat Celcius dan dapat mencapai 50 derajat di kota-kota tertentu.

Bahkan selama musim dingin, pertandingan Liga Pro Saudi biasanya dimainkan pada malam hari untuk memberikan kesempatan terbaik bagi Cristiano Ronaldo, Neymar dan kawan-kawan untuk memamerkan kemampuan mereka. Namun Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, mengatakan bahwa mereka tidak menutup kemungkinan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada musim panas.

Ditanya oleh BBC Sport apakah itu akan dipentaskan di musim dingin, dia menjawab, "Sejujurnya saya tidak tahu. Yang pasti, kami sedang mempelajari kedua opsi tersebut, untuk melihat mana yang terbaik untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia." Ditanya bagaimana mungkin bermain dalam suhu seperti itu, dia berkata: "Mudah-mudahan kita akan mengetahuinya. Pastinya kami akan bekerja untuk memastikan bahwa ini adalah Piala Dunia terbaik yang pernah diselenggarakan."

Dia menambahkan, "Mengapa tidak melihat kemungkinan untuk melakukannya di musim panas? Apakah itu musim panas atau musim dingin, tidak masalah bagi kami, selama kami memastikan bahwa kami [memberikan] atmosfer yang tepat untuk menyelenggarakan acara seperti itu".

Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi Yasser al-Misehal, bulan lalu menyatakan bahwa negaranya tengah menjajaki kemungkinan yang sama, yang kemudian ditepis oleh Qatar. "Saat ini ada banyak teknologi baru yang membantu Anda dengan pendinginan atau menambahkan pendingin udara di stadion, selain fakta bahwa ada banyak kota di kerajaan yang menikmati suasana yang sangat indah pada musim panas," katanya pada penghargaan Konfederasi Sepak Bola Asia di Doha.

Terlepas dari gerakan dari pihak penyelenggara, suhu yang tinggi secara konsisten merupakan masalah yang jelas dalam bermain sepak bola di Arab Saudi. Para pemain yang telah menerima gaji besar untuk bergabung dengan Liga Pro Saudi telah dipaksa untuk beradaptasi dengan rutinitas yang sangat berbeda, yang membuat tim-tim berlatih dan bermain pada malam hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement