Jumat 08 Dec 2023 23:33 WIB

Belgia, Jerman, dan Belanda Ajukan Tuan Rumah Bersama Piala Dunia Wanita 2027

Ketiga negara tersebut akan bersaing dengan Brasil.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Tim Spanyol melakukan selebrasi saat menjuarai final sepak bola Piala Dunia Wanita melawan Inggris di Stadium Australia di Sydney, Australia, Ahad (20/8/2023).
Foto: AP Photo/Steve Markham
Tim Spanyol melakukan selebrasi saat menjuarai final sepak bola Piala Dunia Wanita melawan Inggris di Stadium Australia di Sydney, Australia, Ahad (20/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belgia, Jerman, dan Belanda telah mengajukan penawaran bersama kepada badan sepak bola dunia FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita pada 2027. Asosiasi sepak bola negara-negara tersebut mengumumkan pada Jumat (8/12/2023).

Ketiga negara tersebut akan bersaing dengan Brasil untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut setelah negara Amerika Selatan itu mengajukan penawaran mereka bulan lalu. Sementara Amerika Serikat dan Meksiko juga menyatakan ketertarikan mereka.

Baca Juga

Asosiasi anggota memiliki waktu hingga Jumat untuk mengajukan penawaran mereka kepada FIFA. Afrika Selatan juga telah mengajukan penawaran tetapi menarik diri bulan lalu, merasa lebih baik mengajukan "penawaran yang dipersiapkan dengan baik" untuk edisi 2031.

"Konsultasi yang ekstensif dan terperinci antara tiga federasi bersama dengan para pemangku kepentingan utama termasuk pemerintah pusat dimulai pada tahun 2021," kata federasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.

"Hal ini telah menghasilkan keselarasan di sekitar keyakinan bahwa ketiga negara kami berada pada posisi yang tepat untuk menggelar Piala Dunia Wanita FIFA 2027 dengan kualitas dan dampak yang tak tertandingi."

FIFA selanjutnya akan mengadakan kunjungan inspeksi ke negara-negara yang mengajukan penawaran pada bulan Februari sebelum tuan rumah ditunjuk pada bulan Mei oleh Kongres FIFA.

Turnamen 2023 diselenggarakan bersama oleh Australia dan Selandia Baru tahun ini. Spanyol menjadi juara setelah mengalahkan Inggris di final. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement