Sabtu 09 Dec 2023 21:36 WIB

Liverpool Kalahkan 10 Pemain Crystal Palace, Rebut Puncak Klasemen Sementara Liga Inggris

Mohamed Salah mencetak gol ke-200 untuk Liverpool dalam kemenangan 2-1 atas Palace.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) beraksi saat melawan Crystal Palace di Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) beraksi saat melawan Crystal Palace di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool membawa tiga poin dari kandang Crystal Palace berkat kemenangan 2-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, di Stadion Selhurst Park, Sabtu (9/12/2023) malam WIB. Kemenangan ini membuat The Reds naik ke puncak klasemen Liga Inggris menggusur Arsenal.

Liverpool mengoleksi nilai 37 dari 22 laga, unggul satu poin dari Arsenal yang baru akan melangsungkan pertandingan Ahad (10/12/2023) dini hari nanti. Sementara Palace tertahan di posisi 14 dengan nilai 16. Palace sudah menjalani lima laga tanpa kemenangan, empat di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga

Pada menit ke-14, Luis Diaz mendapatkan peluang emas ketika tembakannya diblok saat menyambut umpan dari Kostas Tsimikas. Satu menit berselang giliran tembakan Ryan Gravenberch yang gagal membuahkan hasil.

Palace bukan tanpa peluang. Mereka lebih mengandalkan skema bola mati untuk mengancam pertahanan Liverpool. Pada menit ke-25 tendangan bebas Odsonne Edouard gagal.

Liverpool mengandalkan Mohamed Salah, David Nunez dan Luis Diaz di lini serang. Namun sepanjang babak pertama serangan mereka dapat dipatahkan pemain Palace.

Sementara Palace yang juga memakai formasi 4-3-3 mengandalkan Edouard, Schlupp dan Ayew di lini depan. Tetapi tekanan Liverpool yang tinggi membuat mereka kesulitan memberikan ancaman.

Liverpool nyaris kebobolan pada menit ke-27 saat Jefferson Lerma tak terkawal saat menyambut umpan silang dari jarak dekat. Namun tendangan Lerma tepat ke arah Alisson berdiri sehingga ia bisa menahan bola tak masuk ke gawang Liverpool.

Hanya berselang sebentar, wasit Madley memberikan penalti kepada Palace setelah Virgil van Dijk mendorong Odsonne Edouard di kotak terlarang saat menerima operan matang Will Hughes. Namun petugas VAR meminta Madley melihat tayangan VAR di pinggir lapangan untuk melihat apakah Hughes melanggar Wataru Endo sebelum merebut bola dan mengopernya ke Edouard.

Madley cukup lama memeriksa tayangan ulang VAR dari berbagai sudut sebelum memutuskan penalti dibatalkan. Skor 0-0 pada akhir babak pertama.

Kedua tim sama-sama melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Palace memasukkan Jean-Philippe Mateta menggantikan Edouard. Sementara Liverpool menarik keluar Wataru Endo untuk digantikan Joe Gomez.

Jalannya permainan di babak kedua semakin menarik karena Palace memberikan perlawanan sengit. Hasilnya mereka unggul 1-0 melalui eksekusi penalti Mateta pada menit ke-56. Tembakan Mateta yang mengarah ke sudut bawah kanan gawang Liverpool yang gagal dihalau Alisson.

Hadiah penalti diberikan karena pelanggaran Jarell Quansah kepada Mateta di kotak terlarang. Melalui review VAR, Palace mendapatkan penalti.

Liverpool meningkatkan serangan setelah tertinggal. Mohamed Salah beberapa kali menciptakan peluang. Pada menit ke-61 tembakan Salah diblok saat menyambut umpan silang Joe Gomez.

Pada menit ke-74, Liverpool mendapatkan keuntungan dengan dikeluarkannya Jordan Ayew setelah mendapatkan kartu merah. Ayew mendapatkan kartu kuning kedua sebab melanggar pemain Liverpool yang hendak melancarkan serangan balik.

Tak butuh waktu lama bagi Liverpool menyamakan kedudukan. Pada menit ke-76 Salah menyamakan kedudukan 1-1. Ini merupakan gol ke-200 Salah untuk Liverpool.

Liverpool berbalik unggul 2-1 setelah tembakan dari luar kotak penalti Harvey Elliot menjebol gawang Palace pada menit pertama injury time. The Reds menambah satu gol lagi lewat Luis Diaz, tapi dibatalkan karena offside. Skor 2-1 tetap menghiasi papan skor hingga laga usai setelah peluang terakhir Palace dari tendangan bebas berhasil dimentahkan Alisson.

Kemenangan ini membuat Liverpool menggusur posisi Arsenal dari puncak klasemen dengan keunggulan satu poin. Namun Arsenal akan kembali ke puncak jika menang atas Aston Villa pada laga yang berlangsung Ahad (10/12/2023) dini hari WIB.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement