Senin 11 Dec 2023 17:08 WIB

Momen yang Hampir Merenggut Nyawa Valentino Rossi

Rossi terlibat drama dengan pembalap tim satelit Fortuna Honda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balap motor dunia Valentino Rossi (kanan) memacu motor dengan Nicky Hayden mengejar di belakangnya pada sebuah balapan di ajang MotoGP Seri Australia pada September 2006 silam.
Foto: EPA/ALESSANDRO DELLA VALLE
Legenda balap motor dunia Valentino Rossi (kanan) memacu motor dengan Nicky Hayden mengejar di belakangnya pada sebuah balapan di ajang MotoGP Seri Australia pada September 2006 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi juga memiliki pengalaman kelam selama balapan di mana ia bersenggolan dengan pembalap lain hingga jatuh dan hampir meerenggut nyawanya. Insiden itu dialami Rossi pada GP Jerez pada tahun 2006.

Rossi terlibat drama dengan pembalap tim satelit Fortuna Honda, Toni Elias yang berstatus sebagai rider tuan rumah juga sedang berulang tahun saat itu. Rossi yang mengejar title juara MotoGP mengawali lomba dengan start dari grid ke-9, dan harus berjuang untuk maju ke depanm

Baca Juga

Sementara Elias tampil menggila dengan menampilkan skill dan determinasi tinggi. Namun, belum lama selepas start dimulai, Elias telat mengerem dan menyenggol ban Rossi. Rossi pun terjatuh dan tersungkur ke aspal. Saat itu ia terjatuh di antara kerumunan motor.

Bahkan, seperti yang dinarasikan Camoz ID Motor melalui Youtube, Rossi jatuh di saat kerumunan motor dengan jarak yang masih rapat. Elias pun nyaris melindas kepala Rossi. Beruntung Rossi lolos dari insiden mengerikan itu. 

Kendati demikian, Rossi tetap bisa melanjutkan balapan dan terpaksa harus puas finis di posisi ke-14. Sementara Elias finis di posisi keempat. Elias mengaku telah meminta maaf kepada seusai balapan tersebut. 

"Saya merasa sedih untuk Valentino. Saat itu kami sama-sama mencapai akhir dari trek lurus. Saya berada di samping Nakano dan berusaha menghindari kontak dengan motornya. Tetapi saya justru menyenggol Rossi. Saya sudah minta maaf padanya seusai balapan. Hal seperti ini sering terjadi di balapan," kata Elias.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement