Senin 11 Dec 2023 21:09 WIB

Laga Kontra Newcastle United Diklaim Jadi Penentu Kelanjutan Kiprah Pioli di Milan

Pioli tidak kunjung berhasil mengangkat performa Rafael Leao.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih AC Milan Stefano Pioli.
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Pelatih AC Milan Stefano Pioli.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Manajemen AC Milan dikabarkan mulai kehilangan kepercayaan kepada Stefano Pioli untuk terus menukangi tim utama I Rossoneri. Laga kontra Newcastle United di partai pamungkas penyisihan Grup F Liga Champions, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB, menjadi penentuan kiprah Pioli sebagai pelatih I Rossoneri.

Meski berhasil mengantarkan I Rossoneri merengkuh titel Scudetto pada musim 2021/2022, Pioli tidak kunjung berhasil mengangkat performa Rafael Leao dan kawan-kawan pada musim ini. Meski menempati peringkat ketiga klasemen sementara Serie A, Milan telah tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen sementara, Inter Milan.

Baca Juga

Dari 15 laga, Milan mengoleksi 29 poin. Kekalahan, 2-3, dari Atalanta, akhir pekan lalu, menjadi kemunduran teranyar yang dialami I Rossoneri. Kekalahan itu mengakhiri rentetan kemenangan beruntun di dua laga sebelumnya. Di tujuh laga terakhir di pentas Serie A, I Rossoneri hanya memetik dua kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kali kalah.

Kondisi tidak jauh berbeda juga ditunjukan I Rossoneri di pentas Liga Champions. Dua hasil imbang, dua kali kalah, dan hanya mampu memetik satu kemenangan dari lima laga membuat I Rossoneri terdampar di dasar klasemen sementara Grup F. I Rossoneri pun membutuhkan sedikit keberuntungan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Tidak hanya harus mampu memetik kemenangan di laga kontra The Magpies, I Rossoneri juga mesti berharap PSG gagal memetik poin kala menghadapi Borussia Dortmund di laga lainnya. Seperti halnya Newcastle United, Milan terpaut dua poin dengan PSG di peringkat kedua klasemen sementara Grup F. 

''Apabila AC Milan mengalami kekalahan menyakitkan dari Newcastle United, maka Pioli akan dipecat sebagai pelatih I Rossoneri. Manajemen AC Milan sudah kehilangan kepercayaan dengan pelatih asal Italia itu, meski telah memberikan dukungan via perekrutan pemain pada awal musim ini,'' tulis laporan TuttomercatoWeb, Senin (11/10/2023).

Manajemen I Rossoneri pun sudah menyiapkan sejumlah skenario apabila nantinya terpaksa memecat Eks pelatih Fiorentina tersebut. Eks penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, kabarnya akan dilibatkan dalam staff kepelatihan I Rossoneri pasca kepergian Pioli. 

Ibrahimovic disebut-sebut akan bekerjasama dengan Ignazio Abate, yang saat ini menukangi tim primavera AC Milan. Abate digadang-gadang akan menggantikan Pioli untuk menukangi I Rossoneri sebagai pelatih sementara hingga akhir musim ini.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement