Selasa 12 Dec 2023 06:41 WIB

Victor Osimhen Dinobatkan Sebagai Pesepak Bola Terbaik Afrika Tahun Ini

Osimhen mengungguli Mohamed Salah dan Achraf Hakimi.

Penyerang Napoli Victor Osimhen jadi Pemain Terbaik Afrika Tahun ini
Foto: EPA-EFE/LUCA ZENNARO
Penyerang Napoli Victor Osimhen jadi Pemain Terbaik Afrika Tahun ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker Nigeria, Victor Osimhen, dinobatkan sebagai Pesepak Bola Terbaik Afrika setelah mengalahkan Mohamed Salah dalam sebuah upacara di Marrakech pada Senin (11/12/2023). Rekan senegaranya, Asisat Oshoala, memenangkan penghargaan tertinggi dalam kategori wanita.

Osimhen (24 tahun) mencetak 26 gol saat ia membantu Napoli meraih gelar juara yang mengejutkan di Serie A pada musim lalu. Ia menjadi top skor di kompetisi divisi teratas Italia itu.

Baca Juga

Penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, dan bek kanan Paris St Germain asal Maroko, Achraf Hakimi, merupakan dua kandidat lainnya. Namun, Osimhen berhasil mengungguli keduanya untuk meraih penghargaan tersebut. Ia menjadi pemain Nigeria pertama yang meraih penghargaan ini sejak Nwankwo Kanu pada 1999.

"Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Saya harus berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam perjalanan ini dan semua orang Afrika yang telah membantu menempatkan saya di peta terlepas dari kesalahan saya," kata Osimhen.

Maroko memenangi Tim Nasional Terbaik Tahun Ini untuk kategori pria setelah menempuh perjalanan mendebarkan ke semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar. Pelatih Maroko Walid Regragui memenangkan anugerah Pelatih Terbaik Tahun Ini.

Penyerang Barcelona asal Nigeria, Oshoala, merupakan Pemain Terbaik Putri Afrika untuk keenam kalinya, setelah berjuang melawan cedera untuk membantu timnya mencapai babak 16 besar di Piala Dunia di Australia dan Selandia Baru, di mana mereka mengalahkan Inggris melalui adu penalti.

Nigeria membawa pulang trofi untuk Tim Nasional Terbaik Tahun Ini, tetapi Desiree Ellis dari Afrika Selatan memenangi Pelatih Wanita Terbaik Tahun Ini untuk keempat kalinya secara beruntun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement