Selasa 12 Dec 2023 21:58 WIB

Legenda Ini Ingatkan Arsenal dan Chelsea untuk Datangkan Ivan Toney

Ivan Toney boleh bermain pada Januari 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Brentford Ivan Toney
Foto: AP Photo/David Cliff
Penyerang Brentford Ivan Toney

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paul Merson yakin Arsenal dan Chelsea harus merekrut seorang penyerang pada Januari jika mereka ingin meraih kesuksesan di Liga Primer Inggris musim ini.Pemain yang dikaitkan dengan kedua klub tersebut adalah Ivan Toney, pemain internasional Inggris milik Brentford. 

Toney, 27 tahun, saat ini sedang diskors karena melanggar peraturan taruhan Asosiasi Sepak Bola Inggris.. Namun ia akan diizinkan untuk bermain lagi pada Januari saat jendela transfer dibuka kembali.

Baca Juga

Brentford bertekad untuk tidak menjual Toney dan dapat menuntut hingga 100 juta poundsterling atau sekira Rp 1,9 triliun untuk membiarkannya meninggalkan Stadion Gtech Community. Namun Toney hanya memiliki sisa kontrak 19 bulan dan sekarang bisa menjadi waktu yang tepat bagi the Bees untuk menjual aset berharga mereka.

Meskipun tanda tangan Toney tidak akan murah, Merson percaya bahwa Arsenal atau Chelsea harus merekrutnya pada Januari. Legenda The Gunners, yang merupakan penggemar The Blues, berpikir bahwa kedua klub akan menyesal jika mereka tidak mendatangkan seorang striker sesegera mungkin.

"Chelsea harus mendapatkan penyerang tengah di bulan Januari," tegas Merson dalam kolom terbarunya untuk Sky Sports. "Berapa banyak tim yang bisa melakukan apa pun tanpa penyerang tengah? Apa yang berpotensi menjadi kejatuhan Arsenal musim ini? Tidak akan ada penyerang tengah."

Pencetak gol terbanyak bersama Arsenal di Liga Primer adalah Bukayo Saka dan Eddie Nketiah, yang masing-masing telah mencetak lima gol. Striker pilihan pertama mereka, Gabriel Jesus, baru mengoleksi dua gol di Liga Primer, meskipun ia telah mencetak empat gol di Eropa.

Kurangnya penyerang yang produktif terlihat jelas dalam kekalahan 1-0 mereka di Aston Villa pada Sabtu, sebuah pertandingan yang menurut Merson "didominasi" oleh mereka. Hasil tersebut membuat mereka tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen, Liverpool. Memenangkan gelar liga pertama dalam 20 tahun terakhir adalah target utama Arsenal musim ini.

Chelsea berusaha untuk kembali ke Eropa setelah finis di peringkat 12 di Liga Primer musim lalu. Mereka berada di posisi yang sama saat ini, dengan Nicolas Jackson hanya mencetak enam gol di liga. Tiga dari gol-gol tersebut tercipta dalam satu pertandingan melawan Tottenham.

Namun sulit untuk terlalu mengkritik lini serang Chelsea, karena sang penyerang bintang, Christopher Nkunku, masih menunggu untuk melakukan debutnya di Liga Primer setelah mengalami cedera lutut pada akhir musim. Dia mencetak 58 gol untuk RB Leipzig selama dua musim sebelumnya.

Nkunku hampir melakukan comeback, namun Merson masih berpikir bahwa akan lebih baik bagi Chelsea untuk memperbaiki lini serang mereka. Ia menambahkan,"Saya pikir Ivan Toney bisa saja diminati. Terkadang Anda menjadi pemain yang lebih baik ketika Anda tidak bermain. Namun apakah Brentford akan menjualnya? Saya rasa mereka tidak akan melakukannya, terutama dengan beberapa pemain mereka yang akan pergi ke Piala Afrika. Apakah Toney ingin pergi? Apakah dia akan menunjukkan kesetiaan kepada Brentford? Itu adalah hal yang sangat sulit untuk diputuskan," kata dia.

Toney akan menjadi rekrutan yang bagus untuk kedua klub setelah mencetak 20 gol di Liga Primer untuk Brentford musim lalu. Dia mencetak 12 gol di divisi yang sama pada tahun sebelumnya, dan dia mencetak 33 gol di semua kompetisi untuk membawa the Bees promosi pada 2020/21.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement