Rabu 13 Dec 2023 11:53 WIB

PP Perbasi Izinkan Pemain Naturalisasi Main di IBL 2024

Pemain naturalisasi lebih mudah dipanggil ke timnas jika bermain di IBL.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih menyampaikan sambutan di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Musim IBL 2024  yang diikuti 14 tim basket tersebut dimulai pada 13 Januari 2024 dengan format home-away yang berlangsung di empat kota yaitu, Denpasar, Surabaya, Jakarta dan Bandung.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih menyampaikan sambutan di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Musim IBL 2024 yang diikuti 14 tim basket tersebut dimulai pada 13 Januari 2024 dengan format home-away yang berlangsung di empat kota yaitu, Denpasar, Surabaya, Jakarta dan Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) selaku induk organisasi basket di Tanah Air, telah memberi izin sejumlah pemain naturalisasi bermain di kompetisi IBL 2024.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih mengungkapkan, saat ini pihaknya memberikan kesempatan beberapa pemain naturalisasi untuk bisa bermain di kompetisi kasta tertinggi basket Indonesia.

Baca Juga

“Kebijakan ini untuk memudahkan koordinasi antara Badan Tim Nasional dengan pemain bersangkutan. Kami berharap, dengan kebijakan ini pemain sewaktu-waktu dibutuhkan timnas bisa langsung gabung,” ujar pria bernama asli Kho Poo Thai itu dalam rilis tertulis.

Kehadiran para pemain naturalisasi di IBL 2024 juga selaras dengan kepentingan timnas basket Indonesia. Diharapkan, para pemain naturalisasi yang bermain di IBL bisa dengan mudah dipanggil timnas jika nantinya ada agenda-agenda FIBA.

“Kami belajar dari kebijakan-kebijakan sebelumnya, saat pemain bermain di kompetisi luar negeri tidak mudah memanggilnya untuk gabung timnas sesuai jadwal karena terikat dengan aturan dan kegiatan klubnya,” kata Danny.

Pemain naturalisasi Indonesia, yakni Anthony Beane, Lwster Prosper, dan Jamarr Andre Johnson musim depan akan bermain di IBL. Beane akan bermain bersama di tim Pelita Jaya Bakrie. Lester akan berlabuh di Dewa United Banten, sedangkan Jamarr dikontrak Bumi Borneo.

Pada IBL 2024, pemain naturalisasi yang melalui proses dari Perbasi diperbolehkan untuk bermain. Tidak heran beberapa tim berburu pemain naturalisasi di luar kuota tiga penggawa asing yang boleh digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement