Rabu 13 Dec 2023 12:41 WIB

Pelatih Baru Satria Muda Siap Hadapi Tantangan Bawa Kembali Satria Muda Menjadi Juara

Satria Muda mendatangkan bintang lokal Abraham Damar Grahita.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pebasket Satria Muda Pertamina Arki Dikania Wisnu (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Musim IBL 2024  yang diikuti 14 tim basket tersebut dimulai pada 13 Januari 2024 dengan format home-away yang berlangsung di empat kota yaitu, Denpasar, Surabaya, Jakarta dan Bandung.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pebasket Satria Muda Pertamina Arki Dikania Wisnu (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Musim IBL 2024 yang diikuti 14 tim basket tersebut dimulai pada 13 Januari 2024 dengan format home-away yang berlangsung di empat kota yaitu, Denpasar, Surabaya, Jakarta dan Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim basket Satria Muda Pertamina Jakarta menatap IBL 2024 dengan optimisme tinggi. Arki Dikania Wisnu dkk sudah mempersiapkan dengan matang di bawah pelatih baru dari Spanyol, Manuel Pena Garces.

Musim ini, Satria Muda mendatangkan bintang lokal dari Prawira Harum Bandung Abraham Damar Grahita. Juara IBL 2021 tersebut juga mendaratkan pemain potensial berdarah Indonesia-Filipina, Karl Patrick Gloria. Dari barisan kuota asing, Satria Muda mengikat tiga pemain asing, yakni Jarred Shaw, Trey Davis, dan Myke Henry. 

Baca Juga

Pelatih Satria Muda Manuel Pena Garces mengungkapkan bahwa ia sudah mulai mengenal karakter para pemainnya. Adaptasi yang dilakukan pelatih berusia 40 tahun itu berjalan dengan baik sehingga ia optimistis bisa menempatkan Satria Muda kembali menjadi juara.

"Banyak hal untuk disiapkan. Saya cukup senang dengan semua pemain yang berada di sini dan tidak. Kami bekerja dengan filosofi terus bekerja untuk itu," kata pelatih kelahiran 2 Januari 1983 itu saat IBL Media Day Selasa (12/12/2023) di KYZN Kuningan, Jakarta.

Di Satria Muda, coach Manu dibantu beberapa rekan-rekannya dari Negeri Matador seperti Luis Guil dan Cesar Camara di jajaran ofisial.

“Saya menanamkan kepada para pemain mental bertanding yang baik. Saya sangat senang karena mereka antusias menyambut musim baru,” ujar Coach Manu.

Coach Manu mengaku siap menghadapi tantangan untuk membawa Satria Muda menjadi yang terbaik lagi. Menurut dia, untuk itu yang terpenting bermain sebagai kesatuan dan menghadirkan yang terbaik dalam setiap pertandingan.

Ia mengatakan, sepanjang musim ini akan menjadi proses pembelajaran bagi para pemainnya. Sambil menjalani musim dan menjalani pertandingan satu per satu, ia ingin timnya bertumbuh hingga mencapai puncaknya pada pengujung kompetisi.

"Tentu kami akan berusaha memulai dengan kuat, tapi kami akan terus membangun sepanjang musim. Para pemain siap. Sekarang tinggal memasukkan "bensin" ke dalam tangki dan melaju," kata Manu.

Perihal target juara, kapten Satria Muda Arki Dikania Wisnu punya jawaban singkat, padat, dan jelas. "Cuma itu rencananya," kata Arki sambil tersenyum. 

Rencananya pada awal musim, Satria Muda akan menjadi tim musafir seusai Mahaka Arena tidak bisa digunakan karena ada agenda lain. Pilihan homebase di kawasan Senayan Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement