Rabu 13 Dec 2023 13:21 WIB

Pasukan Valentino Rossi akan Hadapi Dilema Besar pada Tahun 2024, di Antara Dua Raksasa

VR46 Mooney Racing masih melihat peluang terkait kuda besi yang akan digunakan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap MotoGP Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team beraksi saat pemanasan untuk Grand Prix Sepeda Motor Qatar di Sirkuit Internasional Losail di Doha, Qatar, Senin (20/11/2023)dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Pembalap MotoGP Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team beraksi saat pemanasan untuk Grand Prix Sepeda Motor Qatar di Sirkuit Internasional Losail di Doha, Qatar, Senin (20/11/2023)dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim MotoGP asuhan Valentino Rossi menghadapi dilema pada 2024. Dengan satu tahun tersisa hingga kontrak antara VR46 dan Ducati berakhir, tim Valentino Rossi harus memutuskan dalam beberapa bulan mendatang apakah akan memprioritaskan keuntungan finansial yang dapat ditawarkan Yamaha sebagai pemasok atau daya saing dengan Desmosedici milik Ducati.

Di pengujung tahun 2022, karena ketidakstabilan ekonomi yang dialami tim RNF, Yamaha tidak memperbarui kontraknya dengan skuad Razlan Razali, sebuah keadaan yang membuat pabrikan yang bermarkas di Iwata itu hanya memiliki dua M1 di grid 2023.

Baca Juga

Jika mempertimbangkan kesaksian dari semua suara yang keluar dari kubu Yamaha, tidak ada satu hari pun di mana baik para pebalap maupun bos mereka tidak menyesal telah mengambil keputusan yang akan mereka coba perbaiki dengan kebangkitan kembali tim satelit.

Kandidat terbaik untuk dua M1, untuk alasan yang jelas, adalah tim Valentino Rossi, karena legenda Italia itu terus menjadi daya tarik terbesar Yamaha, meski telah pensiun selama dua tahun: pada Grand Prix Spanyol terakhir di Jerez, juara dunia sembilan kali itu menandatangani kontraknya sebagai duta utama perusahaan, yang berlaku hingga akhir tahun 2024.

Hubungan antara Rossi dan pabrikan Jepang ini bertahan dari kepergian pembalap #46 itu ke Ducati pada tahun 2011 selama karier balapnya, pada puncak popularitas Jorge Lorenzo; perpisahan definitifnya di akhir tahun 2021, dan kesepakatan antara tim yang menyandang namanya dengan Ducati pada tahun 2022 yang akan berakhir pada akhir tahun depan.

Masih ada waktu untuk menyelesaikan pemasok sepeda motor yang kini menjadi milik Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio, namun beberapa bulan ke depan akan sangat penting untuk menentukan peralatan yang tersedia untuk VR46, yang harus menentukan prioritasnya di antara opsi-opsi yang ada.

Bukan dua, tapi tiga, mengingat tekanan dari grup yang dipimpin Stefan Pierer untuk memperkenalkan kembali MV Agusta ke MotoGP. Terlepas dari momentum Pierer Mobility Group, dua alternatif paling logis adalah memperluas aliansi dengan Ducati atau bergabung dengan Yamaha

Keduanya memiliki pro dan kontra. Memperluas kemitraan dengan Ducati akan menjamin dua motor kompetitif yang mampu bersaing memperebutkan podium, kemenangan, dan bahkan mungkin gelar. Namun sisi negatif dari penandatanganan dengan perusahaan Borgo Panigale adalah ekonomi, karena posisi Yamaha memungkinkannya menawarkan kondisi yang lebih menarik dari sudut pandang moneter.

Dorna, promotor serial ini, memberikan tiga juta euro kepada setiap merek yang memasok tim independen. Jumlah tersebut tidak bertambah sesuai jumlah pelanggan, sehingga Ducati - yang mendistribusikan Desmosedici ke Pramac, Gresini, dan VR46 - memperoleh penghasilan yang sama dengan Aprilia, Honda, dan KTM yang masing-masing hanya memasok satu tim satelit.

Saat ini Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak menerima bonus sebesar itu dari Dorna. Antara minat olahraga untuk menyelamatkan kedua M1 tersebut, yang sangat berharga untuk pengembangan, dan kemungkinan menerapkan diskon pada harga sewa dengan mendapatkan suntikan tunai tiga juta euro, tidak ada keraguan bahwa formula ini adalah yang paling menarik dari sudut pandang keuangan.

"Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk kembali memiliki tim satelit pada tahun 2025. Namun pertama-tama, kami perlu meningkatkan paket kami di tingkat teknis. Kami perlu mengembangkan motor kami agar lebih kompetitif," kata bos Yamaha Lin Jarvis beberapa waktu lalu dalam wawancara dengan Motorsport.com.

"Tentu saja, karena kedekatan dan masa lalu kami, VR46 berada dalam posisi yang lebih baik untuk menjadi tim satelit dibandingkan tim lainnya," ujarnya menambahkan. 

Meskipun sebagian besar paddock cenderung menganggap remeh hal tersebut, bahkan ofisial VR46 pun tidak mengetahui dengan jelas. "Meskipun tidak ada yang percaya, prioritas kami saat ini adalah memperbarui kontrak dengan Ducati. Kami memiliki tawaran dan kami harus menyelesaikan studinya," kata manajer tim VR46 Pablo Nieto kepada Motorsport.com.

Faktanya, pertemuan antara manajemen puncak perusahaan Bolognese dan tim Rossi dijadwalkan pada pekan ini. Pertemuan itu juga akan dihadiri juara dunia sembilan kali itu.

Diharapkan bahwa pembalap Italia tersebut, bersama dengan Uccio Salucci, tangan kanannya, dan Nieto, akan menyampaikan kepada Ducati keinginan mereka untuk menambah bobot dalam ekosistem motor merah, dengan tujuan untuk mendekati Pramac, yang menikmati perlakuan istimewa dalam hal peralatan dan cakupan.

Pada titik ini, VR46 harus memutuskan elemen mana yang lebih relevan. Dari sisi sportif, tidak ada keraguan bahwa jaminan Ducati lebih unggul. Namun uang bukanlah sesuatu yang bisa dilupakan begitu saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement