Kamis 14 Dec 2023 09:34 WIB

Sarri Ingin Lazio Jumpa Barcelona di Babak 16 Besar Liga Champions

Lazio berstatus runner up Grup E sehingga akan terundi dengan tim juara di 16 besar.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Lazio Maurizio Sarri
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Pelatih Lazio Maurizio Sarri

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Maurizio Sarri mengekspresikan kekecewaannya setelah melihat performa buruk Lazio pada matchday keenam Grup E Liga Champions musim 2023/24. Wakil Italia itu takluk 0-2 dari tuan rumah Atletico Madrid di Stadion Metropolitano, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB.

Sebelum partai ini berlangsung, kedua tim sudah meraih tiket babak 16 besar. Jadi pertempuran di ibu kota Spanyol hanya memperebutkan status juara grup. 

Baca Juga

Sarri menilai pasukannya membuat kesalahan fatal pada laga ketat seperti ini sehingga harus dibayar mahal. Pada saat yang sama, I Biancoceleste kurang efektif dalam memanfaatkan peluang.

"Saya sedikit marah pada kenyataan kami datang ke sini melawan tim dengan level tinggi. Kami membayar setiap kesalahan dan gagal memanfaatkan setiap peluang, karena kami juga memiliki kans untuk mencetak gol," kata allenatore kelahiran Napoli itu kepada Sky, dikutip dari Football Italia.

Secara keseluruhan, ia menilai tempo pertandingan ini sedikit menurun di sebagian besar jalannya laga. Upaya saling menekan dengan determinasi tinggi hanya terlihat dalam 10 menit pertama kedua babak. Setelahnya, cenderung statis.

Sarri menyinggung fakta Atletico selalu menang dalam 20 pertandingan terakhir di kandang sendiri. Sehingga, apa yang terjadi pada Lazio kali ini bukan sesuatu yang berlebihan. Fokus kekecewaan sang allenatore lebih pada kinerja, bukan hasil akhir.

Semua sudah terjadi. Kekesalan berlarut-larut tak ada gunanya. Saatnya berpikir ke depan.

Dengan demikian, Le Aquile finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup E. Sejumlah lawan berkelas menanti Ciro Immobile dan rekan-rekan. Ada Arsenal, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Barcelona, Manchester City, Real Madrid, juga Real Sociedad.

"Satu-satunya klub besar yang belum pernah saya hadapi dalam karier saya, mungkin Barcelona," ujar Sarri.

Eks juru taktik Napoli ini sangat identik dengan gaya menyerang. Ia berupaya mengatur timnya untuk mendominasi penguasaan bola. Hal serupa, juga merupakan filosofi Barca.

Sarri mengaku akan rumit mengalahkan Blaugrana dalam hal statistik penguasaan bola. "Namun, saya ingin sekali mengunjungi Camp Nou," ujar Sarri.

Selepas laga ini, Lazio sudah ditunggu partai berat berikutnya. Lazio akan menghadapi Inter Milan pada giornata ke-16 Serie A di Stadion Olimpico, Roma, Senin (18/12/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement